Wajib Tahu, Ini Cara Bernafas dengan Benar

Ilustrasi Yoga
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Selama puluhan tahun hidup, pernahkah Anda berpikir: sudahkah saya bernafas dengan benar? Bernafas tidak sekadar memasukkan oksigen ke dalam paru-paru, lalu membuangnya dalam wujud karbon dioksida.

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Kegiatan menghela dan mengembus itu sesungguhnya punya manfaat yang jauh lebih dahsyat. Ia juga berfungsi membilas racun-racun tubuh dan menghilangkan stres. Asal, dilakukan dengan benar.

Mengutip laman Huffington Post, Anda bisa mengecek kebenaran teknik bernafas Anda dengan cara mudah. Coba memandang lurus ke depan dalam dua tarikan nafas. Lalu, ubah pandangan ke bawah dengan dua tarikan nafas yang sama.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Jika Anda melihat ada sesuatu yang bergerak, artinya nafas Anda masih terlalu pendek. Paru-paru manusia sebenarnya bisa menampung enam liter udara per menit. Namun jika Anda tak bisa menggunakannya dengan maksimal, kemampuannya merosot drastis.

Untuk itu, bernafas dalam-dalam sesekali diperlukan. Berikut tiga cara mudah bernafas yang baik dan benar. Pertama, berbaringlah telentang di lantai. Letakkan satu tangan di pusar dan satu lagi di atas dada. Kedua, bernafaslah dalam-dalam.

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs

Jika perlu, hitung sampai lima. Saat melakukannya, perut Anda harus naik perlahan, menjauhi tulang belakang. Sedangkan dada terasa melebar. Ketiga, saat paru-paru terasa penuh, embuskan nafas perlahan. Hitung sampai tujuh, hingga pusar kembali pada tempatnya semula.

Ulangi hal itu dua kali sehari. Idealnya, Anda harus mengambil nafas seperti itu sepuluh kali di pagi hari dan sepuluh lagi di sore hari. Dengan begitu, fungsi paru-paru dan pembuluh darah akan bekerja maksimal. Racun-racun dalam tubuh pun terlepaskan. (eh)

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024