FOTO: Pushkar Fair, Berkumpulnnya Unta dari Penjuru Negeri

Festival unta di India
Sumber :
  • REUTERS/Ahmad Masood
VIVAlife - India selalu bisa menyedot perhatian wisatawan dengan kultur eksotiknya. Entah itu kuliner, tarian, atau dengan festival unik. Seperti festival yang satu ini. Pushkar Fair. Rasanya Anda akan menjadi pelancong paling beruntung jika dapat menyaksikannya. 
Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Pushkar Fair digelar sekali setahun di Puskhar, sebuah kota kecil yang sarat dengan tradisi Hindu dan ratusan candi. Di dekat Danau Pushkar ribuan penduduk berkumpul. Mereka membawa serta hewan ternak untuk diperjualbelikan, terutama unta. Istilah bekennya Camel Fair Festival. yang juga disebut sebagai festival dagang terbesar di India. 
Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Lihat foto selengkapnya
Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Tak hanya satu atau dua, para pedagang besar malah membawa puluhan ternaknya. Menurut cerita, festival ini diturunkan para leluhur. Berawal dari dipakainya unta sebagai sarana transportasi mereka. Tradisi ini juga merupakan rangkaian perayaan bulan suci umat Hindu Kartik Purnima yang jatuh antara bulan September hingga November. 

Dilansir Daily Mail, bukan saja jual beli, ada juga kontes kecantikan unta. Paserta yang jelas unta didandani menggunakan jubah mencolok, lengkap dengan aksesori dari benang wol warna-warni. Terkadang mereka juga dikalungi untaian bunga. Acara lainnya adalah lomba menunggang unta. Para penunggang diwajibkan berada dipunggung unta hingga mencapai garis finis. Bukan perkara mudah, karena unta yang ditunggangi adalah unta liar denagn gerakan agresif. 

Festival inipun disebut sebagai salah satu cara pemerintah India meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Tertarik melancong ke sana? 



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya