Ketahui Manfaat Berlatih Alat Musik Sejak Kecil

Ilustrasi anak bermain alat musik piano
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Dewasa ini semakin banyak orangtua mengikutsertakan anak-anak mereka dalam berbagai les alat musik. Seperti diketahui, bermain alat musik sejak dini memberikan banyak manfaat bagi otak.

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Kini, bertambah lagi satu efek positif mempelajari alat musik. Berdasarkan studi yang dilakukan para peneliti di Northwestern University, berlatih alat musik dapat mengubah fungsi otak dalam memproses suara. Mereka yang berlatih musik saat kecil lebih pandai mencerna isi pidato yang disampaikan orang lain ketika dewasa.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience, peneliti mengkaji 44 peserta yang sebagian telah berlatih musik, sedangkan sebagian lagi tidak sama sekali. Para peneliti menguji otak peserta untuk mengetahui sejauh mana mereka menganggapi suara. Masing-masing peserta diminta mendengarkan pidato. Kemudian aktivitas otak mereka dianalisis.

Ternyata, efek memainkan alat musik dapat bertahan hingga dewasa. Ketika usia pemain musik bertambah, kemampuan otak mereka semakin meningkat dalam mencerna informasi dan isi pidato. Hal ini tidak ditemukan pada mereka yang tidak pernah berlatih alat musik.

Efek ini tidak akan hilang meski terjadi penuaan. Meskipun tidak bermain musik selama 40 tahun, namun mereka yang pernah berlatih pada usia 4 hingga 14 tahun, tetap memiliki respons cepat dalam mencerna pidato.

"Studi ini menunjukkan bahwa pendidikan musik sejak dini sangat penting bagi anak. Hal ini akan bermanfaat selama beberapa dekade," kata Kraus, peneliti dari Northwestern University seperti dilansir laman Medical News Today. (eh)

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5
Ruben Onsu

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi

Ada luka yang dirasakan di hati Ruben Onsu. Namun, Ruben tampaknya enggan membeberkan masalah apa yang dihadapinya dengan Jordi Onsu.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024