6 Cara Alami Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi sakit flu di kantor
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya
- Flu dan demam menjadi penyakit yang paling sering muncul saat cuaca tak menentu. Dua penyakit ini hinggap saat daya tahan tubuh mulai menurun. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan sistem imun dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengasup nutrisi yang cukup.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Singkirkan dulu suplemen atau obat penguat daya tahan tubuh, Dr. Prasanna Kerur dari Ayush Wellness Spa lebih menyarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara alami. Seperti dikutip
Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Female First, berikut tips meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.


Makan secukupnya

Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan baru dimasak, bukan makanan siap saji. Sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah seperti jeruk, lobak, paprika, apel dan stroberi.


Minum teh

Teh juga bisa bantu meningkatkan daya tahan tubuh lewat kandungan antioksidannya. Jika bosan dengan teh hijau atau teh hitam, Anda bisa membuat minuman herbal sendiri. Campurkan jahe, kunyit, biji jinten dan kayu manis.


Kunyit dan madu

Jika gejala flu atau pilek mulai muncul, redakan dengan membuat minuman yang terdiri dari campuran seperempat sendok teh bubuk kunyit yang dicampur madu dan minum dua kali sehari. Anda juga bisa mencampurnya dengan teh herbal.


Minyak almond dan wijen

Minyak almond dan wijen juga bisa jadi perisai untuk menghadapi datangnya penyakit saat musim hujan. Dua bahan ini mengandung antioksidan dan vitamin E yang baik untuk kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh.


Olahraga

Jangan lupa untuk berolahraga. Tapi hindari olahraga yang terlalu berat atau berlebihan. Yoga dan pilates bisa jadi pilihan yang efektif untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Begitu juga dengan joging dan jalan sehat. Bukan hanya membantu tingkatkan daya tahan tubuh, olahraga juga membuat pikiran menjadi lebih relaks.


Hindari makanan beku

Makanan beku, olahan dan minuman dingin bisa jadi musuh dalam selimut saat cuaca tidak menentu. Cuaca yang panas ekstrem bisa tiba-tiba berubah jadi dingin sehingga tubuh lebih butuh minuman hangat dan makanan sehat ketimbang sosis, daging asap, atau burger.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya