VIDEO: Peristiwa Langka, Kemunculan Ikan Pesut di Mahakam

Ilustrasi ikan pesut
Sumber :
  • WWF-Philippines / Mavic Matillano

VIVAlife - Pesut Mahakam merupakan salah satu jenis lumba-lumba yang hidup di air tawar. Ikan ini hanya ditemukan di tiga sungai pada tiga negara, salah satunya adalah sungai Mahakam, Kalimantan Timur, Indonesia. Sayang, populasi ikan ini sangat langka bahkan terancam punah. Bahkan jumlahnya di sungai Mahakam kurang dari 100 ekor.

Meski begitu, menurut Innal, anggota Yayasan Konservasi Rare Aquatic Species of Indonesia, pesut Mahakam masih terlihat di perairan sekitar kota Bangun hingga Muara Kaman. Ikan pesut ini, juga sering muncul di Danau Semayang, saat air sedang pasang.

Di lansir Topik Petang ANTV, ikan pesut Mahakam sering melewati pos penjagaan cagar alam Muara Kaman Sedulang. Tempat ini merupakan lokasi pemantauan ikan pesut Mahakam. Ikan-ikan pesut tersebut, biasa melewati tempat ini untuk mencari ikan-ikan kecil yang menjadi makanan mereka.

Ikan pesut, sangat peka terhadap suara. Sehingga semakin berkembangnya kehidupan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar dan perahu-perahu motor yang melintasi sungai, membuat jumlah populasi ikan pesut semakin berkurang. Sebab, suara bising yang dihasilkan oleh perahu-perahu motor tersebut membuat kehidupan mamalia air ini merasa tidak aman.

Untuk dapat melihat ikan pesut ini, pengunjung memang membutuhkan kesabaran ekstra. Namun tidak perlu khawatir, karena pemandangan sekitar dan hewan-hewan khas Kutai Kartanegara yang terdapat di wilayah tersebut, bisa menghilangkan kebosanan selama menunggu ikan pesut muncul di permukaan.

Setelah lama menunggu, ikan pesut pun muncul untuk bernapas ke permukaan sungai. Seperti halnya ikan paus, ikan pesut juga bernapas dengan paru-paru. Sehingga ia harus muncul ke permukaan untuk bernapas dan menyemburkan udara lewat hidung mereka. Ikan-ikan ini muncul ke permukaan secara berkelompok di permukaan air yang sangat tenang.

Menurut Innal, tidak semua orang bisa beruntung melihat pesut hanya dengan satu kali perjalanan. Karena melihat ikan ini memang nyaris menjadi sesuatu yang mustahil. Bahkan sejumlah warga menganggap ikan tersebut sudah punah.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Lihat videonya di . (eh)

Konversi motor BBM menjadi motor listrik.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Masyarakat pengguna kendaraan motor beroda dua yang berbahan bakar minyak (BBM) bisa melakukan konversi menjadi motor listrik secara gratis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024