VIDEO: Aksi Seniman Jepang Ukir Tato

Pisang bertato
Sumber :
  • facebook.com/endcape

VIVAlife - Kanvas bukanlah satu-satunya media untuk para pelukis. Banyak juga yang mencurahkan idenya mislanya di tembok, atau pakaian. Lalu bagaimana jika dilakukan pada buah? 

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Di Jepang, Daisuke Skagami, seniman dari Negeri Sakura itu melukis pisang. Bukan cat air yang digunakannya, namun jarum yang ditusuk-tusukkan ke kulit pisang hingga membentuk sketsa. Jarum memang tak menghasilkan warna. Tapi kulit pisang yang ditusuk akan beroksidasi, mengeluarkan senyawa kimia, sehingga warnanya pun berubah menjadi coklat. 

Kepada Mirror, Daisuke mengatakan, butuh satu hingga lima jam untuk menyelesaikan sebuah lukisan pisang.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Walaupun sederhana, namun lukisan Daisuke ini memiliki ciri khas sendiri. Ia menggambar wajah tokoh-tokoh terkenal sebagai daya pikatnya. Monalisa, karakter terkenal karya Leonaro Da Vinci itu kini bisa ditemukan pada kulit pisang. Tak ketinggalan wajah Sir Richard Branson, pemilik Virgin Airways, yang terkenal di dunia.

"Saya bosan melihat hal-hal yang biasa, saya rasa akan menarik jika pisang didesain dengan sketsa animasi maupun tokoh publik," kata pria berusia 40 tahun itu.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Awalnya ini hanyalah hobi, namun sebuah perusahaan di Tokyo meminta Daisuke untuk melukis bermacam buah, sebelum pada akhirnya ia menetap pada pisang. 

Sayangnya, hasil karya Daisuke bukanlah sesuatu yang abadi. Pisang yang dilukis hanya akan awet hingga dua hari. Jika busuk, maka seni tersebut dibuang begitu saja. Daisuke menyesal bahwa anak cucunya tak dapat mengabadikan karyanya.

"Saya berharap ada cara dan sarana baru yang diinovasikan, untuk menyimpan pisang agar lebih awet," ujar Daisuke menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya