Telinga Wanita Ini Menghitam Usai Digigit Laba-laba Beracun

Telinga digigit laba-laba
Sumber :
  • Dok. Marieke van Wijk
VIVAlife
Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?
- Nasib nahas harus dialami seorang wanita asal Belanda. Ia digigit oleh laba-laba beracun saat tengah liburan di Italia.

Startup Lokal Ini Ingin Menyuburkan Benih Revolusi

Telinga wanita berusia 22 tahun yang tidak disebutkan namanya itu, digigit laba-laba jenis Mediterranean recluse. Seperti dilansir laman
Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir
Live Science , wanita tersebut mulanya tak tahu jika telah digigit laba-laba. Ia baru merasakan sakit pada telinganya saat bangun di pagi hari.


Wanita itu kemudian mengunjungi rumah sakit lokal dan diberi obat antihistamin. Namun bengkak pada wajah dan nyeri di telinganya tak kunjung membaik.


Kondisi telinganya semakin memburuk saat ia kembali ke Belanda. Saat itu sebagian telinganya berubah menjadi hitam. Kondisi ini menunjukkan bahwa kulit dan sel-sel tulang rawan pada sebagian telinga telah mati.


Matinya jaringan tisu tersebut membuat dokter menyimpulkan bahwa sang wanita telah digigit
editerranean recluse
, jenis laba-laba yang bisa menghancurkan kulit dan lemak.


Seorang ahli bedah plastik Dr Marieke van Wijk menuturkan bahwa ini pertama kalinya ia melihat bisa laba-laba menghancurkan tulang rawan begitu pula kulit. Seperti dilansir laman
Daily Mail
, Dr van Wijk dan koleganya terpaksa mengangkat jaringan tisu yang telah mati dari telinga sang wanita dan menggantinya dengan tulang rawan yang diambil dari tulang rusuk.


Kasus ini dilaporkan dalam
Journal of Plastic, Reconstructive and Aesthetic Surgery
.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya