Alasan Stop Konsumsi Kopi di Sore Hari

Secangkir kopi
Sumber :

VIVAlife - Tak ingin susah tidur di malam hari? Jangan minum kopi. Bahkan, hanya secangkir kopi di sore hari bisa mengganggu waktu tidur Anda.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Sebab, efek kafein "bersemayam" dalam tubuh selama sekitar 6 jam. Jadi, sebaiknya jangan minum kopi di atas pukul 5 sore.

Baik itu kopi kental maupun dengan campuran susu serta krim di atasnya, tetap punya efek yang sama. Kesimpulan itu didapat setelah para peneliti dari Wayne State University, Michigan, menganalisis perilaku tidur dari 12 orang berbeda.

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Masing-masing diberi pil dengan kandungan 400 miligram kafein. Itu setara dengan dua atau tiga cangkir kopi. Selama empat hari, pil itu dikonsumsi tiga dan enam jam sebelum tidur. Tambahan satu waktu lagi, adalah tepat saat mereka mematikan lampu sebelum tidur.

Hasilnya, mereka menderita gangguan tidur minimal selama satu jam, setiap mengonsumsi pil yang mengandung kafein. Meskipun pil itu dikonsumsi tiga atau enam jam sebelum tidur. Itu mendasari peringatan untuk tidak mengonsumsi kopi di sore hari.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

“Orang-orang cenderung menyangka, efek kopi terhadap gangguan tidur tidak terlalu terasa saat dikonsumsi sore hari. Padahal, efeknya sama saja seperti saat kopi itu dikonsumsi menjelang tidur,” ujar Profesor Christopher Drake dari Wayne State University, seperti dikutip laman Daily Mail.

Jika ingin tidur sehat dan nyenyak, sehingga bisa bangun tidur dengan lebih segar, sebaiknya batasi konsumsi kopi sampai siang hari saja. Alasan medisnya, kafein mengganggu aliran melatonin dalam tubuh. Itu merupakan hormon yang membuat orang mengantuk dan akhirnya tertidur.

“Hormon itu diproduksi di otak untuk bantu mengontrol ritme tubuh. Hormon itu yang memberitahu kapan kita harus tidur dan bangun,” kata Drake lagi.

Sebelumnya, sudah ada penelitian dari Bristol University yang menyebutkan konsumsi kopi dapat mengurangi waktu tidur setidaknya satu setengah jam dalam semalam. Penelitian yang sama menyebutkan, kopi bisa membuat kerja lebih efisien saat dikonsumsi siang hari.

Namun, jika dosisnya melebihi empat cangkir sehari, apalagi diminum saat sore dan malam, kopi memperburuk kesehatan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya