Bahaya Mengizinkan Anak Bermain Tablet

Ilustrasi anak bermain tablet
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Istri Fredy Pratama Bakal Dimiskinkan Kepolisian Thailand
- Teknologi menyulap anak-anak tak lagi menyentuh permainan tradisional. Jari-jari kecil itu terus melekat dengan ponsel maupun tablet. Pandangan mereka serius tertuju pada layar sentuh.

Bamsoet Sebut Kemungkinan Caketum Golkar Lebih dari 4 Orang pada Munas 2024

Orangtua, segera batasi anak Anda dari
Ekonomi RI Kuartal I-2024 Kinclong, Kinerja Bank Papan Siapa yang Jadi Juara?
gadget-gadget canggih tersebut. Seorang terapis Lindsay Marzoli mengatakan, terlalu lama menekan layar sentuh dapat merusak jari anak-anak Anda.


"Menggunakan layar sentuh yang berlebihan, memberikan efek jangka panjang yang negatif. Otot-otot yang sering digunakan untuk menulis tidak terbangun. Oleh karenanya, penggunaan layar sentuh harus diimbangi oleh latihan menulis di atas kertas," kata Lindsay Marzoli seperti dilansir laman
Daily Mail.


Orangtua disarankan untuk tetap mengawasi kegiatan anak. Pedoman yang dilayangkan American Academy of Paediatrics untuk anak, maksimal berkutat dengan layar sentuh hanyalah dua jam sehari. Membiarkan anak bermain selama tiga hingga empat jam, berarti mendekatkan anak pada penurunan motorik.


Tak hanya ponsel dan tablet, video game, televisi serta komputer pun harus dijauhkan dari kamar anak-anak. Larangan ini diperkuat oleh penelitian dari Abertawe Bro Morgannwg University Health Board. Penggunaan elektronik berlebihan berdampak pada gangguan kesehatan leher dan sakit punggung.


Hasil penelitian menunjukkan, hampir tiga perempat anak-anak sekolah dasar dan dua pertiga dari sekolah menengah, dilaporkan mengidap nyeri leher.


Menurut fisioterapis Lorna Taylor, gaya hidup modern dan kemajuan teknologi sangat merugikan kesehatan anak-anak. Oleh karenanya, orangtua harus menanamkan kebiasaan baik dan menyediakan sumber daya yang nyaman bagi anak. Dengan demikian mereka dapat konsentrasi belajar, melakukan pekerjaan rumah dan olahraga. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya