Mengintip Kondisi Kesehatan Lewat Rambut

Rambut rontok
Sumber :

VIVAlife - Selama ini, rambut dipercaya sebagai mahkota bagi wanita. Tapi ternyata, ia bukan hanya mengindikasikan kecantikan penampilan semata. Rambut juga bisa dijadikan ‘jendela’ untuk mengintip kesehatan seseorang.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Kalau selama ini rambut rontok, kering, dan berketombe dianggap masalah biasa, salah besar. Sebab, bisa saja itu mengindikasikan masalah kesehatan yang tak bisa disepelekan. Mengutip laman Boldsky, berikut beberapa kondisi kesehatan yang bisa dilihat dari masalah rambut.

Tipis

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Rambut menipis adalah tanda stres. Jika itu disebabkan kerontokan, artinya ada hormon yang tidak normal. Bisa saja Anda punya masalah hormon seperti PCOS atau hipotiroid. Normalnya, rambut rontok 40 hingga 60 helai per hari. Lebih dari itu, segera konsultasi ke dokter.

Ketombe

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Ketombe yang parah dan terus-menerus, harus diwaspadai. Mungkin Anda menderita penyakit kulit psoriasis. Ketombe juga mengindikasikan penyakit Crohn, yakni peradangan granulomatosa kronis yang menyerang saluran pencernaan, mulai dari esophagus sampai anus.

Mudah patah

Rambut patah bisa mengindikasikan kekurangan protein. Sebab, rambut terbuat dari keratin, salah satu jenis protein. Jika rambut mudah patah, bisa jadi itu merepresentasikan jumlah protein dalam tubuh.

Kering

Rambut kering bisa disebabkan klorin atau zat kimia. Namun, ada pula beberapa penyebab kesehatan, salah satunya hipotiroid. Coba periksakan kadar tiroid Anda. Gejala lain hipotiroid selain rambut kering, adalah lonjakan berat badan, sering kedinginan, dan sebagainya.

Uban

Usia masih muda tapi rambut sudah memutih? Rambut beruban bisa berarti Anda mengalami stres berat. Selain itu, uban juga bisa dipicu kondisi hormon yang tidak seimbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya