Bocah 9 Tahun Siap Taklukkan Gunung Tertinggi di Benua Amerika

Tyler Armstrong
Sumber :
  • facebook.com/TopWithTyler

VIVAlife - Gunung Aconcagua di Argentina, didaulat sebagai gunung tertinggi di Benua Amerika. Gunung itu berdiri menjulang 6.962 meter di atas permukaan laut. Medan salju yang sulit pun harus dilalui para pendaki untuk menyentuh puncaknya.

Anda atau bahkan mungkin para pendaki profesional tak akan mudah untuk menelusuri jalur gunung yang masuk dalam daftar Seven Summits ini. Tapi dunia akan dibuat terenyuh oleh aksi bocah 9 tahun bernama Tyler Armstrong. Ia berencana taklukkan Gunung Aconcagua untuk sebuah misi sosial, sekaligus pecahkan rekor sebagai pendaki Aconcagua termuda di dunia.

Pendakiannya tak semata-mata untuk kepuasan diri. Melalui aksi ini, Tyler akan mengumpulkan dana untuk yayasan Cure Duchenne, tempat di mana anak laki-laki disabilitas dirawat. Mayoritas dari mereka tak memiliki fungsi kaki yang baik, tak bisa berjalan apalagi mendaki, seperti keberuntungan yang bisa dinikmati Tyler Armstrong.

"Mereka tak bisa berjalan, berbanding terbalik seperti saya. Semoga dengan dana ini mereka dapat menemukan obatnya, dan akhirnya bisa mendaki gunung seperti saya," kata Tyler Armstrong seperti dilansir laman The Huffington Post.

Rencananya, Tyler akan mendaki selama dua pekan, dimulai dari tanggal 17 Desember. Ia akan melalui suhu sedingin minus 20 derajat yang membutuhkan persiapan matang.

"Saya harus latihan memanjat es, jadi jika saya jatuh saya bisa menahan diri dan tidak meluncur ke bawah gunung," kata Tyler.

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Langgar Aturan

Tekad Tyler ini sebenarnya melanggar peraturan, karena pihak Gunung Aconcagua telah menetapkan batasan usia di atas 14 tahun jika ingin mendaki. Demi tindakan luhur putranya, orangtua Tyler berusaha mengurus izin ke pengadilan setempat dan akhirnya berhasil.

"Saya percaya dia siap menghadapi tantangan dan segala risiko," kata Kevin Armstrong, ayah dari Tyler Armstrong.

Tyler bukanlah pendatang baru di dunia pendakian. Ia telah membukukan pendakian ke gunung-gunung tertinggi di dunia, seperti Gunung Kilimanjaro di Tanzania dan Gunung Whitney di Amerika Serikat. Kedua aksi itu pun dilakukan untuk mengumpulkan dana ke yayasan Cure Duchenne. (ren)

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel
wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024