Tips Jitu Hindari Wabah Flu

Ilustrasi sakit flu di kantor
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan
Musim hujan datang bersamaan dengan wabah flu. Walaupun tergolong penyakit ringan, gejala flu seperti demam, sakit kepala dan hidung tersumbat akan menghambat aktivitas dan produktivitas.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Bahkan, sehari sebelum gejala flu muncul, seorang dewasa dapat menularkannya kepada orang lain. Persiapkan diri dan keluarga Anda sekarang juga agar tak perlu mengalami flu. Berikut tiga cara menghindari flu, seperti ditulis
Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati
Woman Day .


1. Aktivitas fisik

Vaksin flu memang tak menjamin terhindar dari flu, tapi mengurangi risiko sekitar 60 persen. Olahraga atau aktivitas fisik 30 menit sehari juga memperkuat kekebalan tubuh. Makan makanan dalam porsi lebih sedikit membantu mendukung sistem kekebalan tubuh ketimbang makan makanan berat berlebihan.


2. Jaga kebersihan

Udara yang lembab mempercepat pertumbuhan kuman, sehingga jangan lupa membersihkan lantai dengan disinfektan. Sediakan tisu di setiap kamar dan ingatkan anggota keluarga untuk lebih sering mencuci tangan. Terutama setelah dari luar seperti kereta, bus atau ruang publik.


Sebuah penelitian menemukan, hanya 5 persen mereka yang mencuci tangan dengan benar sehingga dapat membunuh kuman. Waktu cuci tangan yang cukup rata-rata 20 detik, namun sebagian besar orang hanya menghabiskan 6 detik. Membersihkan sela-sela jemari dengan sabun dan membasuhnya dibawah air akan meluruhkan kuman.


3. Waspada kuman tersembunyi


Penularan penyakit lewat udara sangat umum terjadi, begitu juga memindahkan kuman penyakit lewat sentuhan tangan. Membuka pintu, kemudian menyentuh mata, hidung dan selaput mulut akan membuat kuman menyebar.


Secara teratur bersihkan kemudi mobil, pegangan pintu, keran wastafel, dan keyboard laptop di ruangan kerja minimal seminggu sekali untuk mengenyahkan bakteri. Kuman flu dapat hidup hingga 6 kaki di udara dan 2-8 jam dalam permukaan keras. Pastikan kotak P3K memiliki alkohol setidaknya 60 persen untuk membersihkan remote televisi, pegangan pintu dan toilet serta benda.-benda yang sering digunakan bersama orang lain. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya