Menelusuri Jejak Lutung Kasarung di Kebumen

Gua Jatijajar, Kebumen.
Sumber :
  • javapromo

VIVAlife - Mencari destinasi wisata tak harus selalu ke arah gunung maupun pantai. Gua-gua di Indonesia justru menyimpan eksotisme luar biasa, tak kalah menyajikan pengalaman magis. Salah satunya adalah ke Gua Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah. Di gua cantik ini, Anda bisa menelusuri kisah mitos Lutung Kasarung atau cerita Raden Kamandaka lewat patung-patung yang berjajar di dalamnya. 

Sering Dikasih Perhiasan, Fuji Ingatkan Hal Mulia Ini untuk Para Fansnya

Kendati didominasi stalagtit, stalagmit dan tiang kapur, Gua Jatijajar jauh dari kesan angker. Pasalnya, gua ini disulap dengan lampu-lampu sorot sehingga nampak artistik. Cahaya alami yang masuk lewat lubang gua juga tidak ketinggalan memperindah bagian dalam gua.

Ruangan di dalamnya pun cukup luas, dengan tinggi mencapai 12 meter dan lebarnya 15 meter. Terdapat jembatan agar pengunjung lebih mudah berjalan-jalan dan mengeksplorasi tempat ini. Selain itu, pengelola juga menyediakan bangku-bangku agar pengunjung yang lelah bisa sejenak beristirahat.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Berbicara patung, jumlah patung yang menghuni Gua Jatijajar adalah 32 buah. Semuanya mengisahkan mitos Lutung Kasarung. Adapun di depan mulut gua, terdapat sebuah patung dinosaurus yang didirikan sebagai simbol penting dari gua ini.

Patung tersebut mengeluarkan air yang bersumber dari Sungai Kantil dan Sungai Mawar, dua mata air di Gua Jatijajar. Namun uniknya, air tak pernah habis meski musim kemarau sekalipun. Air ini kerap dimanfaatkan warga, terutama untuk sumber air minum pengairan sawah.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Ada mitos unik yang mewarnai kedua sungai tersebut. Jika wisatawan membasuh muka dengan air dari Sungai Mawar, maka ia akan awet muda. Sedangkan mandi dengan air Sungai Kantil, maka niat atau cita-citanya akan cepat terkabul. (adi)

Kemenkominfo mengadakan kegiatan chip in

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Jarimu Harimaumu” pada tanggal 26 April 2024 di Jakarta Barat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024