Diciptakan, Bra Pintar Pengontrol Nafsu Makan

Makan banyak
Sumber :
  • Genius Beauty

VIVAlife - Sekali mencomot biskuit atau keripik, rasanya tak bisa berhenti. Kebiasaan mengonsumsi camilan tak sehat itulah yang akhirnya membuat berat badan naik tak terkendali. Tapi kini, tak perlu khawatir lagi. Ada bra dengan teknologi baru yang diciptakan untuk mengontrol nafsu makan.

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan

Microsoft, perusahaan perangkat lunak berteknologi tinggi itu, menaruh sensor di bagian dalam bra. Ia akan mendeteksi perubahan dalam denyut jantung, suhu kulit, dan tingkat stres. Semua data itu akan dikirimkan melalui bluetooth ke ponsel pintar yang memiliki aplikasi khusus.

Alat itu kemudian memperingatkan pemakainya saat mereka makan berlebihan. Menurut Mary Czerwinski, pemimpin peneliti yang juga seorang psikolog kognitif, perangkat itu akan membuat perilaku penggunanya berubah.

Demokrat Munculkan Nama Dede Yusuf untuk Pilkada Jakarta 2024

“Alat itu akan membantu pemakainya menjadi lebih sadar apa yang mereka lakukan saat itu. Lalu, mereka akan mengubah perilaku yang di luar kendali mereka,” kata Czerwinski, seperti dikutip laman Daily Mail. Sekitar empat sukarelawan telah menjajal keampuhan prototipe bra.

Selama empat hari, mereka menggunakannya. Sayang, teknologi itu belum sempurna karena mereka masih harus mengisi ulang baterai selama tiga atau empat jam. Namun, peneliti puas dengan hasil uji coba itu. Mereka bisa mendeteksi gairah di tingkat 75 persen, dan emosi 76,62 persen.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Mereka pun yakin, kebiasaan makan manusia sejatinya bisa ‘disetel’. Ketika teknologi itu mampu mengontrol nafsu makan, dalam jangka panjang ia juga bisa mengubah perilaku.

Setelah menciptakan bra untuk wanita, Czerwinski dan timnya berencana membuat gelang dengan teknologi sensor yang sama untuk para pria. Penemuan itu didasari melonjaknya jumlah penderita obesitas dewasa ini. (eh)

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

OJK meminta masyarakat untuk tidak panik merespons meningkatnya tensi geopolitik antara Iran-Israel.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024