Kesepian, Layanan Ini Sediakan Teman untuk Lansia

pasangan lanjut usia
Sumber :
VIVAlife - Kesepian kerap melanda para orang tua. Terlebih saat anak-anaknya mulai dewasa, bekerja, menikah dan memiliki keluarga sendiri. Demi mengobati kesepian seperti itu, seorang penyiar di Inggris Esther Rantzen yang berinisiatif membuka layanan telepon khusus bagi para lanjut usia. 
Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

Layanan telepon yang diberi nama Te Silver Line ini beroperasi 24 jam. Asyiknya lagi, penelepon tak dipungut biaya sedikitpun alias gratis. Sang penggagas hanya ingin memberikan persahabatan, informasi, dan saran lewat panggilan telepon. Ia juga sudah melatih relawan untuk melayani setiap telepon masuk. 
Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

Cukup hubungi 0800 4 70 80 90, para lansia bisa berbicara dengan relawan kapanpun. 
5 Dampak Negatif Gegara Kecanduan Game Online, Bisa Ganggu Fisik dan Mental

"Kami akan memberikan mereka tempat dalam pelayanan masyarakat. Dengan menunjukkan bahwa kita menghargai mereka, maka akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri mereka," ujar Rantzen seperti dikutip BBC.

Ide ini berawal dari keprihatinannya melihat para lansia yang sering merasa direndahkan di lingkungannya. Perasaan tidak lagi dianggap bagian dari masyarakat, sering muncul di benak para lansia ini. 

Akhirnya, Rantzen mencari donatur yang dapat mendanai idenya. Dan Big Lottery Fund, bersedia melakukannya. Dana yang dikeluarkannya sebesar £5 juta atau sekitar Rp97 miliar. Ia kemudian mencari relawan yang bersedia menjawab panggilan tersebut dan bersahabat dengan para lansia selama berbulan-bulan. 

Baru-baru ini Menteri Kesehatan Jeremy Hunt mengatakan sebanyak 800 ribu orang di Inggris hidup dalam kesepian kronis. Jika dibiarkan, kondisi itu dapat merusak fisik dan mental mereka secara serius. Hal ini diakui juga oleh Menteri Perawatan dan Dukungan Inggris, Norman Lamb.

Menurutnya, kesibukan terkadang memaksa seorang anak untuk melupakan orang tuanya yang telah lanjut usia. Sehingga para orang tua ini pun melewati hari-harinya tanpa berteman dan hanya menjadikan televisi sebagai satu-satunya hiburan. 

"Layanan ini akan membantu menyediakan persahabatan dan dukungan yang layak mereka dapatkan dalam masa tua mereka," kata Lamb.

Dalam uji coba yang dilakukan di Inggris bagian timur laut dan barat laut, Isle of Man dan Jersey. Layanan itu dapat melayani panggilan dari 7.000 orang tua yang kesepian. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya