'Sepatu-sepatu' Ini untuk Disantap

Kue Sepatu
Sumber :
  • Flickr/Debbie Goard

VIVAlife - Saat cake ini dipajang di etalase, orang-orang yang melihatnya takkan meneteskan air liur. Bukan perkara bentuknya yang jelek atau aromanya yang tak mengandung setitik pun kelezatan. Melainkan, karena ia tak tampak seperti makanan.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Orang-orang justru akan lebih terpikir untuk mencopot alas kakinya dan menjejakkan kaki di atas cake itu. Debbie Goard, seorang pembuat roti asal California, memang membentuk cake persis seperti sepatu. Bukan miniatur. Itu benar-benar tampak seperti sepatu asli.

Ia menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengaduk adonan dan membentuknya persis seperti sepatu, dengan detail-detail khususnya. Tali sepatu, aksesoris, tali, kancing, sampai sol dan nama mereknya, sungguh lengkap. Sepatu flat, high heels, sampai kets, semua dibuat dengan akurat.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Bagian luar cake yang dibentuk mirip sepatu, dibuat dari fondant. Tekstur dan detailnya, dibuat dengan alat tertentu.

Sebelumnya, Goard telah membuat desain sepatunya lebih dulu. Tak seberapa sulit, karena ia juga pernah membuat cake berbentuk mobil.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Apa yang menginspirasi wanita 45 tahun itu? Selama 25 tahun kariernya sebagai pembuat kue, ia selalu menganggap keinginan orang memakan sepatu mereka adalah hal aneh. Mungkin, umpatan kekesalan seseorang untuk menyumpal mulut lawan dengan sepatu, membuatnya berpikir begitu.

“Ada orang-orang yang benar-benar memuja koleksi sepatu mereka,” ujar Goard, seperti dilansir laman Daily Mail. Dari situ, ia ingin membuat cake berbentuk deret koleksi sepatu. Tak tanggung-tanggung, ia berani menyontek sepatu bermerek mahal sekalipun.

Biasanya, ia diminta membuat cake berdesain sepatu itu untuk pesta ulang tahun, perkawinan, dan sebagainya.

Cake buatannya, dijual dari harga US$350 atau sekitar Rp4 juta. “Semua tergantung kompleksitas pembuatannya dan bahan-bahan yang diperlukan,” ia menambahkan. Hingga kini, ia telah membuat sekitar dua ribu cake, berbagai bentuk. Siap menyantap sepatu di piring Anda?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya