Kuliner Akhir Pekan

Hidangan Kaya Rempah Khas Medan Melayu

VIVAnews - Masakan Medan Melayu terkenal dengan kekhasan bumbunya yang pedas dan kental. Bila Anda ingin menikmati kelezatan rasanya, datang saja ke Rumah Makan Medan Melayu. Resto di Jalan Soepomo ini menyajikan beberapa masakan Medan Melayu yang mampu menggoyang lidah Anda.
 
Menu dalam rumah makan ini terpengaruh masakan Arab dan India. Hal itu terlihat dari masakannya yang banyak menggunakan bumbu kari. Salah satu menu yang bisa Anda pesan untuk makanan pembuka adalah martabak India. Bentuknya seperti martabak biasa tetapi rasanya sedikit berbeda.

Campuran martabak India terdiri dari telur ayam, cincangan daun bawang segar, cabai merah, bawang bombay dan bumbu kari. Bahan-bahan itu dicampur lalu dikocok kemudian digoreng seperti martabak telur pada umumnya.

Kemudian martabak ini disajikan hangat-hangat dengan irisan mentimun dan acar. Yang membuat berbeda dengan martabak biasa adalah bumbu karinya. Rasa bumbu karinya sangat mantap dan menempel kuat di lidah.

Sebagai menu utama, Anda bisa memilih menu Lontong Sayur Medan. Irisan lontong disiram dengan kuah santan kental. Isi lontong sayur pun sangat 'ramai' sehingga menciptakan variasi rasa yang kaya.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Kuahnya antara lain berisi tauco, buncis, irisan cabai hijau, wortel, dan labu siam. Isi kuah yang cukup banyak itu ternyata belum lengkap. Lontong sayur juga dilengkapi dengan kelapa sangrai berbumbu atau serundeng, ikan teri, dan irisan tempe kering.

Lontong sayur semakin lengkap dengan adanya telur sambal balado yang sangat pedas. Rasanya sangat berbumbu dan cocok bagi Anda pencinta masakan pedas. Kuah santannya berpadu dengan sambal balado dan serundeng membuat lidah ketagihan.

Selain itu ada juga menu soto ayam, daging dan babat. Tentunya dengan bumbu yang memiliki rasa khas Medan Melayu. Roti cane pun tersaji di rumah makan pinggir jalan ini. Jika ingin menikmati hidangan di sini, usahakan untuk datang tidak terlalu malam.

"Kalau waktu makan siang memang agak ramai, biasanya walaupun masih sore tapi makanan sudah banyak yang habis," kata Samsiah, salah satu pelayan.

Rumah Makan Medan Melayu
Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 210A (Depan bioskop Wira)
Telepon 081397014887
Jam buka 09.00 - 20.00

Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024