Mengintip Magis Benteng Tertinggi di Dunia

Benteng Kalavantin, India
Sumber :
  • Flickr/Rohit Gowaikar

VIVAlife – Alkisah, di masa lalu, seorang Ratu India bernama Kalavantin berniat membangun kerajaan dengan pengamanan paling ketat. Dia pun kemudian membangun benteng yang terletak di puncak bukit.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Benteng itu menyediakan pemandangan 360 derajat, yang memungkinkan pasukannya untuk melihat musuh dari segala arah.

Itu dulu. Kini, Benteng Kalavantin atau yang juga dikenal dengan nama Benteng Prabalgad, menjadi destinasi wisata populer di Maharashtra, India.

Terletak di puncak bukit di ketinggian 700 meter, benteng ini menggoda wisatawan untuk menaklukannya. Dan, tidak mudah mencapai benteng tersebut.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Jalur pendakian menuju Benteng Kalavantin sangat curam dan sempit. Hanya terdapat tangga batu yang melingkar, tanpa pegangan, tanpa pengaman. Jika tidak hati-hati, pendaki bisa dengan mudah jatuh bebas dari ketinggian.

Tapi, sepertinya tantangan adrenalin itu yang membuat Benteng Kalavantin tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi, selain tantangan menuju ke puncaknya, benteng ini sarat sejarah.

Dikutip dari Amusing Planet, cerita benteng tersebut bertambah kaya dalam setiap penaklukan. Ya, Benteng Kalavantin ini kerap berganti pemilik. Dari sang Ratu Kalavantin di abad ke-12 ke Raja Mughal Malik Ahmad dari Ahmednagar ke Shivaji di abad ke-17.

Kini, benteng saksi sejarah itu tetap berdiri bisu. Menghadap lembah menghijau dan terus menjadi saksi zaman yang terus berubah. (art)

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024