Wajib Tahu, Enam Aturan Makan di Restoran Jepang

Ikan tuna raksasa seharga 6,7 miliar rupiah
Sumber :
  • REUTERS/ Kim Kyung-Hoon
VIVAlife - Jepang tak pernah habis diulik. Sederet kuil kuno menjadi daya tarik bagi wisatawan. Begitu juga dengan tradisi kuno leluhur yang masih kental terasa. Entah itu cara berpakaian, kesenian, atau juga budaya minum teh. 
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Untuk urusan kuliner, Negeri Sakura ini punya pakem unik. Rasa otentik yang disertai aturan khusus bersantap. Jika Anda berencana melancong ke sana, seperti dikutip rocketnews, tak ada salahnya menyimak aturan makan yang berlaku di restoran Jepang.
Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Berteriak Panggil Pelayan
Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Mungkin ini terdengar kurang sopan. Tetapi di Jepang, pelayan tak akan menghampiri jika Anda tidak memanggilnya cukup keras.

Gelas Kecil

Gelas yang digunakan untuk menyuguhkan air mineral seukuran sloki. Anda tak perlu sungkan meminta pelayan untuk terus meminta pelayan menuangkan air. 

Makan Bersama

Yakiniku atau sukiyaki yang disajikan dalam satu mangkuk besar ditujukan untuk dinikmati bersama-sama. Biasanya para penikmat menggunakan sumpit masing-masing untuk menyantap langsung hidangan dari mangkuk. 

Ucapan Terima Kasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terimam kasih pada orang yang mentraktir. Mereka yang membayar tagihan bisa sangat marah jika tidak diberi ucapan terima kasih.

Tak Perlu Uang Tip

Memberikan tip adalah salah satu cara mengapresiasi pelayanan restoran tersebut, tetapi hal itu tidak berlaku di Jepang. Jika Anda meninggalkan uang tip, pelayan akan mengembalikan, karena mengira uang tersebut tertinggal.

Tidak Ada Kata menunggu

Jangan salah paham jika sajian yang sudah Anda santap akan langsung bereskan meskipun rekan di sebelah belum menghabiskan hidangannya. Hal ini dilakukan karena restoran di Jepang mengutamakan pelayanan cepat dalam menyajikan hidangan, tanpa harus menunggu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya