TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

FOTO: Menyusuri Keindahan Sungai Lima Warna di Kolombia

Banyak dikagumi para pelancong.
FOTO: Menyusuri Keindahan Sungai Lima Warna di Kolombia
Eco-tourist berjalan di sungai Cano Cristales di Sierra de La Macarena National Park. (REUTERS/Jose Miguel Gomez)
VIVAlife - Mulut seakan tak bisa berkata-kata melihat keajaiban Tuhan yang satu ini. Pelangi seperti sedang bercermin pada air sungai, memuntahkan warna warninya ke salah satu wilayah di Kolombia.

Inilah Cano Cristales, sebuah sungai yang dihinggapi lima warna sekaligus. Memang tak terjadi sepanjang tahun. Momentum demikian terjadi sangat singkat saat musim hujan beralih ke musim kemarau. Spesifiknya sekitar bulan September hingga November.

Ketika itu, matahari musim kemarau bertugas menghangatkan lumut dan ganggang di bagian bawah sungai, sehingga mereka bermekaran dan memancarkan warna yang indah.

Macarenia clavigera adalah salah satu tanaman yang berubah menjadi merah merekah. Warna tersebut berpadu dengan kuning dan hijau yang ditimbulkan oleh lumut-lumut di dasar sungai, serta diperkaya dengan air sungai jernih yang nampak biru dan hitam karena kedalamannya.

Lima warna sekaligus yang berpadu membuat tempat ini dijuluki Cano Cristales atau sungai lima warna. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai sungai paling indah di dunia.

Sungai juga memiliki lubang yang sangat berciri khas, terbentuk melalui fenomena alami. Arus air yang begitu kencang mengukir dinding rongga, semakin lama semakin memperbesar dimensi lubang.

Berbagai sumber
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP