Film "Jagal" Sabet Penghargaan Internasional

The Act of Killing
Sumber :
  • berlinfilmfestival.wordpress
VIVAlife - Film Indonesia "Jagal" atau dalam bahasa Inggris berjudul "The Act of Killing" kembali menyabet salah satu penghargaan internasional, Gotham Awards 2013.
Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Film dokumenter karya sutradara Amerika, Joshua Oppenheimer, itu berhasil memenangi kategori film dokumenter terbaik.
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Tahun ini, Gotham Awards kembali diselenggarakan dan beberapa film independen berhasil meraih penghargaan dalam kategori masing-masing. Film karya Joel & Ethan Coen yang berjudul "Inside Llewyn David" meraih penghargaan tertinggi dalam ajang Gotham Independent Film Awards yang ke-23.
Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Penghargaan itu didominasi oleh film "12 Years a Slave" yang masuk dalam nominasi film terbaik, aktor terbaik, aktor pendatang baru terbaik, dan audience award. Namun, film itu tidak memenangkan satu pun piala.

Film garapan Ryan Coogler "Fruitvale Stasion" memenangi piala terbanyak dengan dua piala. Sementara itu, film "Llewyn Davis", "Short Term 12", "Dallas Buyers Club", "The Act of Killing", dan "Jake Shimabukuro: Life on Four Strings" masing-masing membawa satu piala.

Film dokumenter "Jagal" menyoroti kisah pelaku pembunuhan anti-PKI yang terjadi pada 1965-1966. Setelah PKI dituduh oleh TNI sebagai pelaku G30S pada 1965, Anwar dan kawan-kawan "naik pangkat" dari preman kelas teri pencatut karcis bioskop menjadi pemimpin pasukan pembunuh. 

Mereka membantu tentara membunuh lebih dari satu juta orang yang dituduh komunis, etnis Tionghoa, dan intelektual, dalam waktu kurang dari satu tahun. Sebagai seorang algojo dalam pasukan pembunuh yang paling terkenal kekejamannya di Medan, Anwar telah membunuh ratusan orang dengan tangannya sendiri.

Tidak hanya di Gotham Awards, "The Act of Killing" juga telah memenangi berbagai penghargaan dalam ajang film internasional seperti Berlinale Panorama, Danish Academy Awards, Yamagata International Documentary Film Festival, Bergen International Film Festival, dan masih banyak lagi. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya