Tips Melancong Aman Saat Liburan

Ilustrasi berlibur di pantai
Sumber :

VIVAlife – Akhir tahun sudah dekat, yang berarti masa liburan segera tiba. Sederet rencana pelesir bersama sahabat atau keluarga sudah ada dalam jadwal.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat

Tapi, berlibur bersama bukan berarti tidak waspada. Justru banyak terjadi tindak kriminal saat Anda berlibur dalam kelompok. Akhirnya, bukan senang yang didapat melainkan kecewa karena barang berharga melayang.

Sebaiknya simpan uang dan benda berharga lain dengan baik. Untuk mencegah dan menanggulangi pencurian, Anda dapat melakukan tips-tips yang disarikan dari Lonely Planet di bawah ini:

Pisahkan Tempat Penyimpanan
Jangan letakkan semua kartu ATM dan kartu kredit di dalam satu dompet, pisahkan di beberapa tempat. Ini untuk mengantisipasi jika dompet dicuri, Anda masih punya sumber uang yang lain.

Waspada Dompet
Untuk mengindari copet, jangan letakkan dompet di saku belakang. Letakkan saja di saku depan dan bahkan jika perlu gunakan saku pada jaket.

Bawa Kopi Dokumen Penting
Dokumen seperti paspor dan visa sebaiknya dipindai atau digandakan terlebih dahulu secara elektronik. Jika sudah, simpan itu semua dalam email Anda, sehingga ketika dokumen penting itu hilang, Anda masih punya data-datanya.

Asuransi Perjalanan

Ketika sedang berlibur di luar negeri namun terserang sakit, seperti mimpi buruk rasanya. Terlebih biaya rumah sakit yang mahal di negeri lain dapat mencekik isi dompet kita. Inilah mengapa sebabnya asuransi sangat disarankan.

Vaksinasi
Ada saja isu kesehatan yang berkembang di wilayah tujuan. Jika Anda sudah tahu namun tetap ingin pergi, sebaiknya periksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Mintalah vaksinasi agar terhindar dari penyakit.

Barang berharga
Wisatawan seringkali dianggap berkantong tebal. Sebaiknya tak menggunakan perhiasan emas atau menggantungkan kamera mahal di leher. Hal yang mencolok seperti ini mengundang orang bertindak jahat.

Seleksi Operator Tur
Jika Anda bepergian dengan tujuan wisata minat khusus seperti menyelam ataupun rafting, telitilah benar-benar kualifikasi operator tur tersebut. Biasanya operator yang membanderol harga murah, tak disertai keamanan yang memadai.

Pengemis

Simpati dengan orang miskin merupakan amal perbuatan baik, tapi jangan lakukan itu di daerah asing. Bisa saja pengemis tersebut mengenali Anda sebagai wisatawan, kemudian berniat menarik tas ketika Anda memberikan mereka uang.

Warung Internet

Berhati-hatilah ketika menggunakan warung internet untuk keluar masuk akun bank Anda. Terdapat perangkat lunak yang dapat membongkar username dan password. Trik yang diberikan di sini, cobalah beberapa kali memasukkan username dan password yang salah untuk mengecoh.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang
Sekjen Kemenag Ali Ramdhani dan Plt Dirjen Pendidikan Islam bertemu Direktur IEP

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Pembahasan rencana bersinergi ini berlangsung di Kantor Pusat Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024