Intip Lokasi Liburan Berdasarkan Kepribadian

Pemandangan Kota London
Sumber :
  • REUTERS/Stefan Wermuth

VIVAlife - Banyak pertimbangan saat seseorang memilih lokasi liburan. Mulai dari besarnya biaya hingga jarak tempuh.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Namun, sebenarnya Anda juga bisa menentukan lokasi liburan berdasarkan kepribadian. Jika Anda punya uang lebih, tak ada salahnya menyambangi lokasi-lokasi berikut ini seperti dilansir laman The Huffington Post. Tentunya sesuai dengan kepribadian Anda.

Tipe klasik: Italia

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Mereka yang memiliki kepribadian yang klasik, biasanya suka dengan segala hal yang teratur dan konsisten. Mereka tidak bisa melakukan perjalanan dengan mendadak, apalagi jika pergi ke sebuah tempat yang belum ditelusuri dengan baik kenyamanannya. Jadi, semua hal harus terencana dengan baik dan matang.

Orang dengan kepribadian ini cocok dengan perjalanan liburan yang lebih tradisional dan tenang. Melancong ke kebun anggur bisa jadi pilihan tepat. Tur wine sambil bermalam selama beberapa hari di salah satu resornya juga jadi liburan yang sempurna untuk tipe yang satu ini.

Tipe peduli: Kenya

Tipe ini dimiliki oleh mereka yang selalu punya ide-ide kreatif serta sangat peduli dengan sekitar. Mereka senang menolong orang lain dan mendapat kepuasan tersendiri saat bisa membuat dunia menjadi lebih baik. Pelancong dengan tipe tersebut bisa mengikuti service trip yang diadakan oleh lembaga sosial dan sejenisnya.

National Geographic pun membuka banyak destinasi liburan sekaligus untuk menjadi sukarelawan. Salah satu destinasi yang bisa jadi pilihan adalah Kenya. Selain banyak sekali yang bisa dibantu di sana, panorama alamnya tak kalah menggugah.

Tipe mewah: Inggris

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Mereka yang suka kemewahan, tak selamanya bicara tentang harga yang mahal. Lebih dari itu, tipe ini senang dengan diskusi intelek dan di saat yang sama, senang dengan standar yang tinggi. Maka, liburan yang bisa memuaskan kehausan intelektual mereka yang mewah adalah perjalanan yang sempurna.

London jadi salah satu kota yang tepat. Kota penuh sejarah ini punya banyak sekali museum yang bisa diserap informasinya. London juga terkenal dengan panoramanya yang klasik serta mewah.

Tipe bebas: Selandia Baru

Tidak bergantung dengan orang lain, dan bisa mudah beradaptasi adalah ciri dari pelancong dengan tipe bebas. Mereka senang dengan kegiatan di luar ruangan, apalagi jika tempat tersebut menantang adrenalin. Mereka juga lebih suka pergi sendiri atau hanya dengan sedikit teman.

Karena kebanyakan hari liburan mereka akan dihabiskan di luar ruangan, maka Selandia Baru jadi pilihan destinasi yang tepat. Negeri Kiwi ini punya banyak pilihan kegiatan luar ruangan yang dapat memacu adrenalin. Mulai dari bungee jumping, berkano, atau skydiving.

Tipe idealis: India

Tipe ini biasanya memiliki sisi artistik serta pemahaman yang idealis. Mereka senang hidup dengan cara yang tidak biasa, gaya hidup yang berbeda, dan senang mencari arti di balik sesuatu.

India bisa jadi pilihan tepat untuk tipe idealis ini. Karena negara ini memiliki sejarah yang kaya, tradisi dan sisi spiritual yang tak kalah kental. Mereka bisa dengan mudah jatuh cinta dengan negara ini sejak pertama kali datang.

Tipe hedonis: Spanyol

Gila pesta jadi ciri utama mereka. Mereka senang menghabiskan malam di club dan pub yang ramai. Di sana, selain menikmati musik, mereka juga senang bersosialisasi dengan pengunjung lainnya. Orang-orang dengan tipe ini juga biasanya memiliki kepribadian yang terbuka, menyenangkan dan bisa diajak bersenang-senang.

Maka mereka akan sangat bahagia jika diajak ke pulau yang isinya klub di mana-mana. Salah satu pulau sempurna adalah Ibiza, Spanyol. Habiskan malam dengan pergi ke satu klub ke klub lainnya. Sedangkan pagi dan siang bisa dihabiskan dengan tidur nyaman di hotel dan resor nomor satu.

Tipe artistik: Prancis

Senang menjelajah dan kreatif jadi penanda sifat mereka yang termasuk dalam tipe artistik. Mereka menyukai seni, musik, dan literatur. Mereka juga merasa sangat senang jika bertemu dengan komunitas yang bisa diajak berdiskusi dan berbagi ketertarikan dalam seni.

Paris di Prancis adalah salah satu kota yang paling tepat. Di sana, banyak sekali atraksi seni yang bisa didatangi. Mulai dari Louvre dan Musee d'Orsay hingga kafe di mana Hemingway pernah menyeruput kopi di sana. Tak lupa, jalan-jalan klasik dengan bangunan indah di Montmartre.

Tipe imaginatif: Skotlandia

Selain senang dengan sosialiasi dan membantu orang lain, mereka yang memiliki tipe imajinatif juga suka berkhayal dan romantis. Mereka membayangkan liburan sebagai paket perjalanan romantis bersama keluarga dekat, atau pasangan yang dicintai.

Skotlandia yang penuh romantisme adalah destinasi yang tepat. Puluhan kastil cantik bagai negeri dongeng akan mudah membuat pikiran mereka melayang-layang. Pemandangan yang asri dan indah juga seakan melengkapkan imajinasi mereka.

Tipe Harmonis: Maroko

Tipe ini biasanya sangat mengutamakan kedamaian dan harmonisasi alam dan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab. Seringnya, mereka melayani keperluan banyak orang tanpa disadari.

Maka, liburan yang paling tepat adalah menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri atau me time. Menginap di Kasbah du Toubkal Ecolodge di Marrakech, Maroko adalah salah satu pilihan tepat. Pelayanan yang sangat bersahabat dan baik tentu akan memanjakan pelancong dengan tipe harmonis ini.

Tipe tenang: Filipina

Pemilik kepribadian ini senang dengan kesendirian dan kebanyakan memiliki kemampuan seni. Mereka terlihat tertutup namun sebenarnya senang bersosialisasi dan senang berbagi cerita dengan teman dan keluarga.

Melancong ke pantai yang tenang merupakan bentuk liburan yang sempurna bagi mereka. Palawan di Filipina bisa jadi pilihan tepat. Di sana, mereka bisa bersantai, berenang, snorkeling atau diving dengan suasana yang tenang. Selesai bermain di pantai, mereka masih bisa berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah.

Tipe pemerhati: Galapagos

Tipe pemerhati biasanya cukup sensitif dan berhati-hati terutama yang berhubungan dengan orang lain. Mereka sangat memperhatikan perasaan orang lain dan juga peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Nah, gaya liburan yang tepat adalah ekotourism.

Liburan gaya ini memungkinkan mereka untuk berlibur dengan tenang karena yakin tidak merusak alam yang sedang dinikmati. Banyak sekali pilihan destinasi, dan salah satu yang bisa dikunjungi adalah Galapagos. Di pulau ini mereka bisa bertemu ragam hewan yang menarik perhatian.

Tipe kompetitif: Hawaii

Tipe yang satu ini tak ingin punya pesaing yang lebih tinggi darinya. Mereka juga tipe orang yang senang bekerja keras. Para pelancong dengan sifat yang satu ini biasanya memiliki karier yang tinggi di pekerjaan dan selalu sibuk dengan pekerjaannya.

Maka, gaya liburan yang cocok bagi mereka adalah yang bisa memanjakan diri mereka dengan maksimal. Menginap di Four Season Resort Maui di Hawaii bisa jadi pilihan tepat. Majalah Forbes menganugerahi resor yang satu ini sebagai salah satu resor terbaik di dunia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya