Wajib Tahu, Fakta Tentang Metabolisme

Wanita tidur.
Sumber :
VIVAlife -
Trik Simpel Ivan Gunawan, Agar Silaturahmi Lebaran Bisa Tetap Glowing
Banyak orang mengatakan bahwa jika ingin menjaga berat badan tetap ideal, pastikan metabolisme berjalan dengan lancar dan cepat. Padahal, tidak semua orang bertubuh langsing memiliki metabolisme cepat.

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

Metabolisme sendiri didefinisikan sebagai reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam sel tubuh. Dalam sel, nutrisi dari makanan diolah menjadi energi dan kemudian diedarkan melalui darah. Tapi selain itu ada empat hal lain yang dapat menjelaskan lebih jauh apa itu metabolisme, seperti dilansir
Mengungkap Makna Simbol Telur Paskah, Lebih dari Sekadar Telur
ABC News , berikut tiga fakta tentang metabolisme:


Metabolisme cepat tidak membuat kurus

"Terkadang ada orang-orang kurus yang metabolismenya rendah dan tidak makan banyak. Ada juga orang-orang gemuk dengan metabolisme yang sangat tinggi dan makan dengan porsi besar," terang Michael Jensen, MD, seorang pakar endokrinologi dari Mayo Clinic.


Tubuh berhenti bakar lemak saat tidur

"Otak, jantung, hati, dan ginjal menggunakan begitu banyak energi, meskipun Anda tidur. Sedangkan otot dan saluran pencernaan tak banyak digunakan ketika beristirahat,” ungkap Dr. Jensen. Dengan kata lain, jangan langsung tidur setelah makan karena lemak pada saluran pencernaan tidak dibakar oleh tubuh dan bisa membuat berat badan bertambah.


Memotong asupan kalori bukan solusi menurunkan berat badan

Menurut Dr. Jensen, orang tidak bisa menurunkan berat badan hanya dengan memotong asupan kalori. Alasannya, karena tanpa disadari, mereka justru akan mengonsumsi lebih banyak kalori. "Ketika Anda makan sedikit, Anda akan kehilangan jaringan ramping atau lean tissue. Sehingga tingkat metabolisme basal atau ukuran energi yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh saat istirahat ikut menurun, yang mengakibatkan metabolisme tidak seimbang," terang Dr. Jensen. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya