Kisah Pernikahan 21 Hari Dua Seleb Cantik

Ayu Ting Ting di SOS ANTV
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAlife – Di saat cinta sedang membara, semua terasa indah. Dunia seperti milik berdua. Itulah yang terjadi pada kisah asmara Ayu Ting Ting dengan Henry Baskoro atau Enji, dan juga Asmirandah dengan Jonas Rivanno. 
Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Hati mereka yang sedang kasmaran membuat para pasangan itu menikah muda. Sayangnya, tidak seperti saat pacaran di mana mereka sering mengumbar kemesraan, Ayu dan Asmirandah justru memilih menikah diam-diam. 
Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Pernikahan dua selebriti muda ini pun mengundang kontroversi dan sorotan. Bagaimana tidak? Setelah kabar pernikahan mereka yang heboh, tak lama keduanya membawa kabar mengejutkan.
ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
 
Mereka mendadak memutuskan berpisah. Ayu dan Asmirandah hanya merasakan singkat manisnya kehidupan rumah tangga.

Ayu Ting Ting

Ayu melangsungkan pernikahan dengan Enji pada 4 Juli 2013 lalu. Pernikahan pedangdut tersebut dengan Enji berlangsung tertutup di kediaman Ayu di Depok, Jawa Barat.  Tempat  acaranya dijaga ketat sejumlah pria berseragam. 

Ayu dan Enji pun bungkam. Tak mau berkomentar seputar pernikahan mereka. Akibatnya, rumor tak sedap pun meruap dari kisah pernikahan Ayu dan Enji itu.

Ayu dikabarkan telah berbadan dua.  Namun, kabar itu dibantah Ayu dan Enji. Mereka sebetulnya tidak bermaksud menggelar pernikahan diam-diam. Mereka hanya ingin mendapatkan suasana khidmat saat akad nikah.

Saat jumpa pers, Ayu terlihat bahagia memamerkan buku nikah dan cincin kawin. Pelantun "Alamat Palsu" ini juga optimis menjalani rumah tangganya dengan Enji.
 
Tapi harapan itu tak seindah kenyataan. Romantisme rumah tangga berubah menjadi mimpi buruk. Masih hangat sebagai pengantin baru, tapi kedua pasangan itu terlibat konflik.

Menurut Enji, selama hidup bersama, keduanya memang sempat cekcok. Setelah ribut-ribut,  pada 25 Juli, Ayu meminta izin pada Enji untuk pergi kerja.

"Tanggal 25 Juli pamit bilang kerja, tapi sampai detik ini dia tidak pulang-pulang. Jadi yang meninggalkan adalah istri saya," kata Enji.

Sedangkan Ayu berusaha membela diri. Ia tidak akan meninggalkan suaminya begitu saja tanpa alasan. "Sebabnya, karena dia sudah jatuhkan talak terhadap saya. Saya juga nggak bisa lakukan apa-apa," kata Ayu sedih saat ditemui di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.
 
Diakui pedangdut ini, ia sudah ditalak dua kali oleh Enji. "Pertama tanggal 24 Juli dan yang kedua tanggal 17 Agustus 2013," ungkap Ayu berlinang airmata.

Pernyataan Ayu dibantah Enji. Pria berkepala plontos ini mengaku tak pernah menjatuhkan talak pada istrinya itu. Ia malah datang menjemput Ayu agar kembali ke rumah dan membina rumah tangga. "Tidak ada (talak). Sudah tidak ketemu itu kan," ujarnya.

Diakui Enji, pemicu ketidakharmonisan pernikahannya dengan Ayu disebabkan masalah sepele. Ayu selalu menuntut Enji menggelar resepsi pernikahan. Enji yakin penyebab Ayu pulang ke rumah orangtuanya adalah gara-gara resepsi. 

"Kurang lebih lima kali saya jemput setelah dia meninggalkan saya," ujarnya.

Diceritakan Enji, puncaknya adalah saat Hari Raya Idul Fitri lalu. Ia dan Ayu merayakan Lebaran secara terpisah. Dan setelah Lebaran, ia tak diizinkan menjemput pedangdut tersebut.

Dikatakan Ayu, ia bersikeras mengelar resepsi karena Enji sudah berjanji. Ia juga tak menuntut pesta mewah dan digedung megah. "Saya akan menggelar acara di rumah. Saya hanya ingin berbagi kebahagiaan sama tetangga, keluarga, dan kerabat," ujarnya.

Akibat sikap Ayu yang berhasrat menggelar resepsi pernikahan, pedangdut ini malah terserang isu miring. Ayu dan keluarganya dituding materialistis. 

"Orangtua saya bukan matre. Saya juga bukan wanita materialistis. Saat hamil saja, saya masih bekerja," ungkapnya.

Dari situlah, Ayu memutuskan bercerai dari Enji. Ia sudah tak peduli dengan pria yang dipacarinya selama satu setengah tahun itu. Bahkan,  ia siap membesarkan anaknya seorang diri.
 
"Anak saya cukup sama saya. Insya Allah, saya masih bisa biayai anak saya. Saya tidak perlu belas kasihan orang lain," kata Ayu saat ditemui di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Asmirandah

Jika Ayu memilih berpisah, lain lagi dengan pernikahan Asmirandah dan Jonas Rivanno. Pesinetron berdarah Belanda ini memutuskan membatalkan pernikahannya dengan Jonas.

Sekedar informasi, Asmirandah dan Jonas melangsungkan pernikahan secara rahasia pada 17 Oktober lalu. Acara pernikahan dilangsungkan secara Islam. Akad nikah digelar di kediaman Asmirandah di kawasan Depok, Jawa Barat.

Meski ditutup rapat, akhirnya pernikahan itu tercium awak media. Pihak KUA Beji, Depok tidak membantah soal pernikahan Asmirandah dan Jonas. Pasangan ini mendaftarkan pernikahan mereka di KUA tersebut. Saat menikah Jonas telah menjadi mualaf. 

Meski bukti kuat perkawinan mereka terkuak, Asmirandah dan Jonas tetap membantah. Pasangan ini menegaskan baru merencanakan pernikahan. 

"Kita akan menikah Januari 2014 nanti. Ingin yang sederhana saja," kata artis yang akrab disapa Andah saat ditemui di Cibubur, Jakarta Timur. Andah juga membantah Jonas telah memeluk Islam.

"Sebenarnya ini memang yang menjadi pembicaraan yang cukup serius. Belum mualaf," ujarnya.

Bantahan Asmirandah dan Jonas soal pernikahan dan status mualaf Rivanno berbuntut panjang. Pernikahan mereka menjadi kontroversi. Tak hanya itu, pengakuan tersebut membuat kedua pesinetron itu harus berurusan dengan hukum.

Salah satu ormas Islam tersinggung dengan pernyataan Jonas. Mereka pun melaporkan Jonas ke polisi atas tuduhan penistaan agama. Bukan hanya Ormas Islam yang kecewa. Keluarga besar Asmirandah juga sakit hati dan marah dengan bantahan Jonas. 

"Kita kecewa. Memang sakit, sakit sekali. Kecewa sama Vanno, aku percaya Asmirandah. Tapi memang dua-duanya salah," ujar ayah Andah, Anton Zentman.

Laporan itu langsung mendapatkan reaksi dari Jonas. Pesinetron ini minta maaf kepada para pihak yang terkait.
 
Pada kesempatan itu, Asmirandah dan Jonas bertekad menjalani biduk rumah tangga di tengah kontroversi yang terjadi. Atas nama cinta, menjadi kunci pasangan ini yakin untuk mempertahankan rumah tangganya.

"Hal ini tidak melunturkan cinta saya ke Andah," kata Jonas. "Ini juga tidak melunturkan cinta saya ke Vanno," Asmirandah menambahkan. "Ini kesalahan kami berdua, tanggung jawab kami. Kita akan menjalaninya," ujar Andah dan Vanno kompak.
 
Janji tinggallah janji. Setelah tampil berdua, kabar mengejutkan kembali datang dari pasangan muda itu. Andah justru mengambil langkah tak terduga. Andah mengajukan permohonan pembatalan pernikahan ke Pengadilan Agama Depok pada 7 November lalu.
 
Andah memiliki alasan kuat mengajukan pembatalan nikah. Kuasa hukum Jonas, Muhammad Nuzul Wibawa membocorkan alasan itu. "Karena menurut pemohon (Asmirandah) pernikahan ini, dia (Jonas) tidak memenuhi syarat," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Saat disinggung, apakah semua itu karena soal keyakinan, Nuzul tak mau menjawabnya. Ia mengaku belum berkomunikasi dengan pihak Asmirandah. "Kami fokus ikuti prosedurnya saja. Kami belum tahu persisnya seperti apa," ujarnya.

Jonas sendiri menerima dengan ikhlas keinginan Andah. Ia tak berusaha menghalangi langkah Andah membatalkan pernikahan.

"Vanno tidak akan menghalangi atau mempersulit apapun yang diinginkan Asmirandah. Apapun yang diinginkan Asmirandah, Vanno hanya mengikuti dan menerimanya," kata Nuzul.
 
Sidang pembatalan pernikahan Andah dan Jonas telah digelar selama dua kali. Baik Andah dan Jonas tak terlihat menghadiri sidang. Mereka hanya diwakili kuasa hukum masing-masing.

Pada sidang kedua, pihak Asmirandah menghadirkan saksi, salah satunya ayah kandungnya, Anton Zentman. Usai bersaksi, pria bule ini menolak untuk berkomentar.
 
Apa kata psikolog?

Kawin cerai bukan soal baru di dunia selebriti. Namun, istilah kawin cerai memang tidak hanya menimpa kalangan kaum selebriti. Hanya saja, kehidupan para artis itu selalu menjadi sorotan. 

Sehingga, apapun pemberitaan tentang selebriti ini selalu menjadi perbincangan publik. Pemberitaan tentang kehidupan pribadi para artis, termasuk isu kawin cerai selalu menghiasi media, mulai dari televisi, surat kabar, tabloid, hingga media online.
 
Begitu juga ketika sejumlah seleb cantik di tanah air, mendadak menikah dan berpisah dalam waktu yang singkat. Nasib pernikahan mereka langsung menjadi buah bibir.

Menurut Psikolog keluarga, Roslina Verauli terjadinya pernikahan singkat di kalangan selebriti, karena artis terbiasa menjadi pusat perhatian publik (self center), sehingga mereka terbiasa diperlakukan baik.

Kata Vera, ketika menikah, para artis itu membutuhkan penyeimbangan diri dari pasangan. Untuk mempertahankan hubungan itu, diperlukan usaha yang super ekstra.

"Ini yang tak bisa diupayakan oleh artis yang cerai dalam waktu yang singkat. Kebersamaan itu dapat mengatasi konflik," kata Vera. 

Ditambahkan Vera, dalam menjalani hubungan hingga ke gerbang pernikahan, setiap pasangan melalui berbagai fase. Mulai dari jatuh cinta, perasaan yang menggebu-gebu hingga akhirnya menikah dan menemukan konflik. 

"Pada awal pernikahan sudah tak sanggup, karena ada konflik-konflik kecil yang tak dialami saat pacaran," ungkapnya.

Dengan status selebritinya, mereka biasa dilayani dengan baik. Vera mengingatkan, disaat sudah terikat pernikahan, perasaan yang menggebu-gebu tak bisa lagi menjadi andalan untuk mempertahankan rumah tangga.

"Kalau hanya mengandalkan cinta yang menggebu-gebu, pernikahan lebih rawan berakhir," ujarnya.

Di saat kritis seperti ini, kedewasaan dan tanggungjawab satu sama lain sangat berperan. "Individu harus bersedia mendahulukan pasangannya," ungkapnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya