Menyambangi Zalipie, Desa Lukisan di Polandia

Zalipie, Desa Lukisan di Polandia
Sumber :
  • Flickr/PolandMFA
VIVAlife -
Selamat, Bastian Steel Lamar Sitha Marino
Semua orang pasti ingin mendekorasi rumah menjadi indah dan nyaman ditempati. Tapi, tidak seperti orang-orang di Zalipie, Polandia, yang menjadikan dekorasi rumah sebagai urusan penting. Bahkan tradisi mendekorasi rumah dengan melukis dindingnya itu sudah berlangsung selama berabad-abad.

Cek Harga dan Cara Pesan Starlink di Indonesia

Uniknya, ketimbang mengecat rumah dengan satu warna, para wanita Zalipie justru melukis aneka bunga di dinding, pintu, jendela bahkan atap rumah. Alhasil, semua rumah di desa tersebut tampak cantik dalam balutan bunga berwarna-warni.
Tembus Final Liga 1, Persib Bandung Pilih Lawan MU atau Borneo FC?


Zalipie, Desa Lukisan di Polandia

Lukisan tidak hanya terbatas di dinding luar, tapi juga meluas ke bagian dalam rumah. Foto: Flickr/PolandMFA


Tidak jelas kapan tradisi ini dimulai, legenda setempat mengatakan, lukisan dinding mulanya dilakukan untuk menutupi bintik-bintik hitam bekas jelaga dari dapur dan perapian. Kendati kini rumah-rumah di Zalipie sudah punya dapur modern yang bebas jelaga karena punya sistem ventilasi yang baik, tradisi lukisan di dinding rumah terus berlanjut. Pola lukisannya juga semakin rumit dan tak terbatas pada bangunan rumah.


Dikutip dari
Oddity Central
, pengunjung yang datang ke tempat ini dapat melihat kandang hewan peliharaan, sumur, bak sampah dan setiap benda tak bergerak di desa menjadi media lukisan. Bahkan jembatan desa juga telah dilukis dengan pola bunga-bunga yang cantik.


Zalipie, Desa Lukisan di Polandia

Jembatan desa yang juga tidak luput dari aksi kreatif warga Zalipie. Foto: Flickr/PolandMFA.


Tidak menggunakan cat biasa, lukisan dipulas menggunakan ujung ekor sapi menggunakan cat dari bahan organik. Kaum ibu akan memperbarui lukisan bunga setahun sekali menjelang pesta Corpus Christi, atau ketika memiliki banyak waktu luang.


Sekarang, untuk melestarikan budaya melukis tersebut, warga Zalipie mengadakan kompetisi tahunan. Para pelukis yang mayoritas wanita akan bersaing menciptakan lukisan bunga cantik di dinding rumah mereka. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya