TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Bahaya Percaya pada Ramalan Bintang

Mempengaruhi rasa percaya diri dan membuat tidak fokus.
Bahaya Percaya pada Ramalan Bintang
Ilustrasi horoskop (istock)
VIVAlife - Ramalan bintang atau horoskop jadi rubrik wajib yang harus ada dalam sebuah majalah remaja. Tak lengkap rasanya, jika membaca majalah tapi belum sedikit saja melirik halaman yang memuat ramalan bintang tersebut. Tapi terlalu sering membaca ramalan bintang, ternyata bisa jadi hobi yang berbahaya.

Dalam sebuah penelitian ditemukan, sering membaca ramalan bintang dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya diri seseorang. Akibatnya, bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang tidak dapat berkomitmen.

Contohnya, hanya karena ramalan bintang mengatakan bahwa hari ini mereka akan mengalami sebuah musibah, janji yang awalnya sudah dibuat bisa batal karena lebih memilih berdiam diri di rumah.

Para peneliti dari Johns Hopkins University dan University of South Carolina melakukan studi dengan memberi ramalan bintang yang pesimistis pada beberapa partisipan. Setelah membacanya, mereka kemudian ditanya akan pergi ke pesta atau tetap tinggal rumah.

Partisipan tersebut mengatakan jika sesuai dengan ramalan bintang, dia akan memilih pergi ke pesta. Padahal, mereka juga ragu dengan keputusannya tersebut. Sementara yang tidak membaca horoskop, dengan tegas memilih membersihkan rumah.

"Sifat manusia mendorong kita untuk percaya pada nasib sendiri. Tapi ramalan bintang dapat memengaruhi keputusan tersebut," tulis Hyeongmin Kim, Katina Kulow dan Thomas Kramer dalam laporan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Consumer Research seperti dilansir Daily Mail.

Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa ramalan bintang sebenarnya tidak punya efek signifikan. Pasalnya, ramalan justru dapat memiliki efek yang berlawanan. Lebih lanjut, mereka yang percaya dengan ramalan bintang, juga tidak akan fokus dengan apa yang dikerjakan. Mereka akan “berkonsultasi” dengan ramalan bintang atas segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Kramer dan kawan-kawan menyimpulkan penggemar ramalan bintang akan selalu mengalami ketergantungan dengan apa yang dikatakan ramalan zodiaknya. Sementara mereka yang tidak membaca ramalan bintang, terbukti jauh lebih fokus. Bahkan, bisa mengambil keputusan mana yang terbaik untuknya. (aba)
 
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP