Ajaib, Piring Ini Bisa "Mencuci" Dirinya Sendiri

Piring anti noda
Sumber :
  • Dazeen

VIVAlife - Mencuci piring bisa jadi aktivitas yang menyebalkan. Seseorang harus berkutat dengan bekas makanan. Bagi orang yang sibuk, aktivitas itu cukup menyita waktu. Belum lagi jika kuku baru saja di-manicure.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Namun, masalah itu akan segera sirna. Sebentar lagi, orang-orang tak perlu sibuk mencuci piring. Sebab, sebuah inovasi baru tengah dikembangkan Machine Tomorrow, sebuah studio desain asal Swedia.

Inovasi itu bakal mengubah hidup, karena piring-piring bisa "mencuci" dirinya sendiri. Untuk mewujudkan impian itu, teknologi memanfaatkan senyawa selulosa organik yang kebanyakan digunakan dalam pembuatan kertas.

Wanita Muda Diduga Dibunuh Mantan Suami Saat Cekcok

Menurut situs desain Dazeen seperti dilansir Huffington Post, piring bisa bersih tanpa dicuci karena permukaannya superhydrophobic atau sangat anti air. Lapisan anti air itu terinspirasi dari daun lotus yang tahan terhadap kotoran dan air.

Materi piring itu terbuat dari bubur selulosa yang dibuat menjadi lembaran, kemudian dicetak dalam temperatur tinggi. Uniknya, bahan itu tetap dapat mengeras seperti produk yang terbuat dari keramik.

Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat

KHT Royal Institute of Technology di Stockholm yang mengembangkan teknologi itu menggunakan proses yang disebut Rapid Expansion of Supercritical Solutions (RESS).

Lilin dilarutkan dalam karbondioksida pada suhu dan tekanan tinggi, kemudian disemprotkan pada permukaan piring.

Tertarik pada piring praktis itu? Sabar. Desain aplikatif itu masih dalam tahap prototipe. Teknologi yang digunakan untuk menciptakannya massal pun belum siap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya