Akupunktur Telinga, Solusi Rampingkan Tubuh?

Teknik akupuntur
Sumber :
  • http://ken-zoo.blogspot.com
VIVAlife - Jika berbagai cara telah dilakukan untuk mendapatkan tubuh langsing dan indah, tapi tetap gagal. Akupunktur mungkin bisa jadi alternatif. Pengobatan asal Tiongkok ini telah jadi alternatif untuk menurunkan berat badan sejak ribuan tahun lalu.
Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Akupunktur untuk menurunkan berat badan ini bahkan diklaim dapat diperoleh hasilnya setelah delapan minggu. Caranya bukan dengan menusukkan jarum di bagian-bagian tubuh yang berlemak, melainkan di sekitar telinga luar. 
Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kyung Hee University di Seoul Korea Selatan, teknik akupunktur ini terbukti menurunkan indeks massa tubuh hingga 6 persen. Metode ini dianggap mampu menyingkirkan lemak di tubuh, dan yang terpenting, pinggang menjadi lebih ramping. 
4 Selebgram Indonesia yang Putuskan Bunuh Diri, Terbaru Meli Joker Saat Live Instagram

Hasil tersebut diperoleh setelah mengujinya pada 91 orang dewasa yang kelebihan berat badan. Peserta yang menggunakan metode ini, penurunan berat badannya terlihat lebih jelas pada ukuran lingkar pinggang mereka. 

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Acupuncture in Medicine ini, disebut sebagai terapi akupunktur aurikularis. Dibuat berdasarkan pemahaman bahwa telinga bagian luar mewakili seluruh tubuh.

Teknik akupunktur ini pertama kali digunakan di Perancis pada tahun 1956 oleh Dr Paul Nogier. Saat itu, ia menyadari bahwa sakit punggung pasien, sembuh setelah luka bakar di telinganya membaik. 

Di Inggris, akupunktur ditawarkan sebagai terapi tradisional China dengan menusukkan jarum di titik-titik tertentu pada tubuh untuk meningkatkan energi dan distimulasi untuk melepaskan endorfin, yaitu penghilang rasa sakit dalam tubuh. 

Penelitian sebelumnya sudah menyarankan, pengobatan akupunktur mampu meningkatkan metabolisme, mengubah hormon dan menekan nafsu makan. Akupunktur juga diklaim sebagai obat penghilang sakit yang alami.

Sayangnya, Edzard Ernst, profesor pengobatan komplementer di Exeter University, justru meragukan teknik pengobatan ini.

"Sulit untuk memikirkan pengobatan yang tidak masuk akal ini. Melakukan akupunktur ini hanya akan mengurangi uang Anda, bukan berat badan," ujarnya seperti dikutip Dailymail. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya