Tips Penting Menjaga Kesuburan Lelaki

Ilustrasi six pack berotot
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife - Wanita seringkali diingatkan untuk menjaga kesuburan. Namun, bagaimana dengan pria? Mereka cenderung mengabaikan soal itu. Padahal, ada beberapa aktivitas sehari-hari yang tanpa disadari bisa menurunkan kualitas sperma.

Padahal, jika ingin segera menimang momongan dalam berkeluarga, tak hanya wanita yang bisa diandalkan. Sperma pria juga ikut andil. Menjaga alat reproduksi pria agar menghasilkan sperma berkualitas untuk pembuahan, penting diketahui.

Mengutip laman Boldsky, berikut beberapa tips menjaga kesuburan bagi pria.

Hindari panas

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Tak hanya organ intim wanita, pria pun perlu dijaga.  Para ahli menyarankan untuk menjaga suhunya seperti suhu kamar. Udara yang sangat panas bisa menurunkan kesuburan pria. Hindari paparan matahari, sauna, dan kolam air panas. Memangku laptop juga bisa berbahaya.

Dalaman ketat

Memakai pakaian dalam yang terlalu ketat juga bisa berdampak buruk pada kesuburan pria karena membuat organ intim tidak nyaman. Penting untuk sesekali melepaskan dalaman ketat dan hanya memakai celana longgar. Saat tidur, misalnya.

Bahan dalaman

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Memilih dalaman yang tepat juga penting bagi pria. Selain tidak terlalu ketat, dalaman berbahan katun juga disarankan. Jangan memilih dalaman berbahan spandeks, karena itu tidak menyerap keringat. Bahan itu juga menghambat produksi sperma yang berkualitas.

Pelumas

Jika Anda termasuk pria yang memiliki masalah seksual dan sangat bergantung pada pelumas, sebaiknya pilih yang berbahan “ramah kulit”. Beberapa pelumas bisa merusak sperma saat pria ejakulasi. Bijaksana lah dalam memilih.

Gaya hidup

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Pria pecandu rokok dan minuman beralkohol, sebaiknya mengubah gaya hidup. Bahan-bahan berbahaya yang terkandung di dalamnya bisa menurunkan kualitas sperma. Nikotin dalam rokok serta kafein dalam minuman alkohol membuat Anda tidak subur.

Olahraga aman

Olahraga memang baik bagi kesehatan, begitupula dengan aktivitas fisik berat lainnya. Namun, pastikan organ intim Anda terjaga aman. Benturan yang kerap terjadi dalam aktivitas-aktivitas itu bisa berdampak buruk pada kesuburan Anda.

Sheffield United vs Manchester United di Premier League 2023/2024

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Manchester United akan menghadapi Sheffield United dalam lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024