FENOMANIA HITS ANTV

Menyelami Kisah Agen Rahasia Terkenal Dunia

Noel Coward
Sumber :
  • www.counter-currents.com
VIVAlife-
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Kisah aktivitas mata-mata dan penyusupan yang kita nikmati dalam film-film atau buku-buku fiksi, bukanlah sekedar khayalan belaka.

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Peran mata-mata bahkan sangat penting dalam dunia intelejen suatu negara. Dengan bakat penyamaran dan popularitas dari para selebritis, mereka mampu menjalankan perannya sebagai mata-mata dengan baik. Seperti pada kisah agen rahasia terkenal di dunia berikut ini.
Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini


Noel Coward

Kisah agen terkenal pertama ialah, Noel Coward. Pada awal perang dunia ke II.  Awalnya Noel adalah seorang aktor terkenal yang telah meraih banyak penghargaan Box Office.


Namun setelah pecah perang dunia I, Noel meninggalkan pekerjaan nya di dunia teater dan mendirikan sebuah biro propaganda untuk Dinas Intelijen Inggris. Tidak lama kemudian, ia dikirim ke Amerika untuk menggalang dukungan kepada sekutu. Noel menggunakan statusnya sebagai selebriti untuk mendapatkan akses di tingkat elit Amerika dan memberikan informasi rahasia tersebut kepada orang-orang yang paling berpengaruh, termasuk Presiden Franklin Roosevelt.


Karena kehebatannya menjadi agen rahasia, Noel masuk ke dalam daftar black list pada masa Perang Dunia II. Dan ia merupakan salah satu orang yang paling dicari ketika Jerman menduduki Inggris.


Margaretha Geertruida Zelle


Kisah agen terkenal lainnya ialah datang dari seorang wanita yang dikenal dengan nama Mata Hari. Ya Mata Hari adalah nama panggung dari Margaretha Geertruida Zelle yang merupakan seorang penari eksotis dan courtesan yang dihukum tembak karena menjadi agen rahasia pada masa Perang Dunia ke I.


Sebelum terjun di duia spionase, wanita yang memiliki kode rahasia H21 ini mengawali kariernya sebagai penari erotis di Paris.


Berbekal keahlian erotic temple dance yang dipelajari dari di India, dan daya pikatnya yang tinggi, dia menjadi terkenal dimana-mana. Tak heran bila kemudian tawaran menari banyak berdatangan dari kota-kota besar di Eropa. Kondisi inilah yang kemudian menyeretnya dalam dunia spionase.  Saat menjadi striiper di Berlin, agen rahasia Jerman pun sempat merekrutnya.


Mata Hari kemudian sering berkenalana baik antar kota maupun antar negeri. Karena terkenal sering bepergian, maka dia tidak punya kesulitan untuk menyusup, termasuk dalam masa Perang Dunia I.


Di banyak tempat ia banyak melakukan affair dengan banyak orang penting, juga ditawari sebagai mata-mata Perancis dengan honor 1 Juta Frank pada saat itu.


Meski ia dinobatkan sebagai agen rahasia wanita terhebat, dan yang terbaik di dunia, namun langkahnya harus dihentikan karena mesti bertanggung jawab atas kematian beribu-ribu tentara akibat informasi  yang diberikannya. Dia lalu diadili di Pengadilan Perang  dan dieksekusi di hadapan regu tembak pada 15 Oktober 1917 di Perancis. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya