Tips Ajari Anak Pemalu

Ilustrasi ibu dan anak
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Menginginkan anak menjadi seorang yang pemberani dan tak pemalu adalah keinginan semua orang tua. Namun, perlu dipahami bahwa kemampuan anak dalam bersosialisasi berbeda-beda. Terdapat anak yang secara alami memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tetapi juga tak sedikit anak yang kerap merasa malu untuk tampil di depan umum.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Terdapat berbagai cara untuk mengajarkan anak menjadi lebih percaya diri atau tak malu. Rasa malu bukan hanya menyebabkan sang anak terhambat dalam bersosialisasi tetapi juga menghambat kemampuan akademisnya. Berikut tips mengajari anak yang pemalu, seperti disarikan dari laman Boldsky:

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Jangan membentak

Sering kali anak yang pemalu dibentak agar berani, bahkan memarahinya. Hal ini justru akan membuat anak semakin tak percaya diri dan takut membuka diri.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 17 April 2024

Ajari kemampuan bersosialisasi

Agar anak percaya diri dalam bersosialisasi Anda perlu mengajarkannya. Praktikkan langsung bagaimana bersosialisasi dengan orang sekitar, ajak anak berjalan-jalan atau bermain ke tempat dengan banyak teman sebaya.

Jangan melabeli anak

Melabeli anak sebagai pemalu justru memperkuat ketidakpercayaan dirinya. Tak hanya itu, sang anak akan merasa tertekan dan depresi jika Anda terus melabelinya sebagai anak pemalu.

Buat permainan di rumah

Ajak anak melakukan kegiatan yang membutuhkan kepercayaan dirinya.  Kegiatan seperti membaca puisi atau bercerita di depan Anda merupakan cara ampuh untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Semangati anak

Menyemangati anak dalam melakukan berbagai kegiatan dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Sering kali anak menjadi pemalu karena merasa tak mendapat dukungan dari orang terdekat. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya