Cara Praktis Membuat Pembersih Rumah Berbahan Natural

Pembersih rumah
Sumber :

VIVAlife - Akhir pekan saatnya Anda membereskan rumah yang sempat terbengkalai karena kesibukan pekerjaan Anda.

Ombudsman: Bunga Investasi yang Sangat Tinggi Itu 99,9 Persen Penipuan

Untuk membuat rumah bersih secara instan, kebanyakan orang menggunakan cairan pembersih berbahan kimia berat untuk melunturkan noda dan kotoran.

Sayangnya, bahan-bahan tersebut kadang bereaksi terhadap kulit Anda, sehingga menyebabkan kulit kasar, kering, panas, atau mengelupas.

Jika Anda mengalami hal seperti itu, tidak ada salahnya mempertimbangkan tips untuk membuat pembersih rumah berbahan natural seperti dikutip dari laman Knoworthy berikut ini.

Pembersih westafel

Anda bisa membuat westafel kembali bersih dan bersinar hanya dengan menggunakan lemon dan baking soda atau garam.

Caranya mudah. Anda cukup menaburkan garam atau baking soda pada westafel. Lalu, belah lemon menjadi dua bagian dan gosokkan lemon di atas permukaan westafel yang telah ditaburi garam.

Untuk hasil terbaik gunakan garam meja, sedangkan untuk westafel tua dianjurkan tidak menggunakan baking soda. Bagi Anda yang memiliki westafel mewah, lebih baik menggunakan produk atau cara yang dianjurkan produsen westafel.

Cairan disinfektan

Cairan disinfektan yang biasa ditemukan di toko-toko untuk membersihkan kamar mandi dan dapur, sekarang bisa Anda buat sendiri.

Cukup membuat campuran 2 sendok teh boraks, 4 sendok makan cuka, dan 3 cangkir air panas. Cara penggunaannya sama seperti cairan disinfektan pada umumnya. Untuk membersihkan permukaan yang kotor Anda bisa menggunakan kain basah, spon, atau menggunakan semprotan.

Pembersih kaca

Kaca-kaca rumah yang kotor, berdebu dan bernoda pasti sangat mengganggu keindahan. Untuk membersihkan kaca-kaca kotor di rumah Anda, campurkan beberapa sendok jus lemon dan cuka dengan jumlah yang sama.

Masukkan bahan-bahan tersebut dalam semprotan dan tambahkan dengan air. Gunakan kertas koran untuk mengelap kaca rumah Anda dengan bahan tersebut. Hindari penggunaan kain agar kaca tidak tergores.

Pembersih noda kayu

Untuk membuat perabot yang terbuat dari kayu cutting boards kembali bersih dari noda, gunakan lemon dan baking soda. Anda cukup menaburkan baking soda pada permukaan kayu dan menggosoknya dengan potongan lemon.

Asam yang terkandung dalam lemon bereaksi dengan baking soda akan menciptakan sedikit gelembung saat Anda menggosoknya. (art)

Presiden NOC Prancis Dukung Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
RUPS BRI Insurance.

Raup Laba Bersih Rp474 Miliar pada 2023, BRI Insurance Bagikan Dividen Rp 118 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance sepakat membagi dividen tunai kepada pemegang saham senilai Rp118 miliar.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024