Studi: Alkohol Dapat Rusak DNA Orang Dewasa Muda

Wine dalam kaleng
  • f.fastcompany.net
Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
VIVAlife - Alkohol akrab dengan pesta keluarga, ulang tahun, dan berbagai perayaan lainnya. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang memang bermanfaat bagi tubuh, tapi ketika berlebihan, justru jadi bumerang yang mendatangkan penyakit.

Penelitian baru menemukan, tingkat konsumsi alkohol setiap pekan dapat menyebabkan kerusakan DNA pada kelompok dewasa muda. Badan penyalahgunaan alkohol di Amerika Serikat menyebutkan, sekitar empat dari lima mahasiswa minum alkohol, mereka berusia antara 18 hingga 24 tahun.

Setiap tahun, terdapat kasus meninggal akibat cedera yang berhubungan dengan alkohol secara tidak disengaja.

Dilansir dari Medicalnewstoday, studi ini dilakukan oleh Autonomous University di Meksiko. Mereka menganalisis efek berupa kerusakan oksidatif dari konsumsi alkohol pada dewasa muda yang sehat. Kerusakan oksidatif didefinisikan sebagai kerusakan protein, membran, dan gen.

Peserta yang dianalisis dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama minum alkohol rata-rata 1,5 liter setiap akhir pekan, sedangkan kelompok kedua tidak mengonsumsi alkohol. Semua peserta menjalani tes darah untuk memastikan bahwa mereka sehat dan bebas dari penyakit.

Selain itu, para peneliti mengukur aktivitas dehidrogenase --enzim yang bertanggung jawab untuk mengatur metabolisme alkohol.

Hasilnya,
Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
kelompok yang mengonsumsi alkohol dua kali lebih banyak mengalami kerusakan oksidatif pada membran sel mereka, dibandingkan dengan kelompok yang tidak minum. Para peneliti juga menyimpulkan, kerusakan oksidatif dapat ditemukan pada dewasa muda yang memiliki 4-5 tahun sejarah minum alkohol. (art)
Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title