Studi: Alpukat Bikin Langsing

Manfaat Buah Alpukat
Sumber :
  • U-Report

VIVAlife - Tahukah Anda bahwa kebiasaan ngemil sebelum jam makan siang bisa diatasi dengan alpukat? Hasil studi Loma Linda University di California menyebutkan mengonsumsi alpukat sebelum makan siang bisa mengurangi rasa lapar dan meredakan keinginan ngemil yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. 

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Dikutip dari Daily Mail, studi yang dilakukan Loma Linda University itu membandingkan pengaruh penambahan "camilan" alpukat sebelum makan siang dengan menu makan siang standar. Para peneliti ingin melihat bagaimana konsumsi alpukat bisa menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 26 partisipan dengan berat badan berlebih namun dalam kondisi sehat.

Menilik Bayang-bayang Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Hasilnya, pada kelompok partisipan yang mengonsumsi alpukat sebelum makan siang, sebanyak 40 persen menyatakan tidak terlalu lapar hingga tiga jam setelah makan dan 28 persen lainnya mengaku tetap kenyang dan tidak ingin mengemil selama lima jam setelah makan. Penelitian ini telah dipublikasikan di Nutrition Journal.

Ketua peneliti Dr Joan Sabate mengatakan rasa kenyang adalah faktor utama dalam manajemen berat badan. "Mereka yang merasa kenyang tidak akan menyentuh camilan di antara waktu makan," katanya. 

Persib Bandung Tetap Waspadai Borneo FC yang Pincang

Adapun, alpukat memiliki kandungan karbohidrat sehingga membuat perut terasa kenyang.  Dalam alpukat, terkandung 150 kalori serta serat dalam jumlah tinggi. Alpukat juga mengandung lemak. Namun, konsumsi alpukat tidak menimbulkan lonjakan gula darah seperti yang dilakukan makanan sarat karbohidrat lainnya seperti nasi, kentang atau roti. 

"Penelitian ini juga membuat kami yakin bahwa alpukat punya peran potensial dalam mengontrol kadar gula darah," papar Dr Sabate. Kendati demikian, dia menyebutkan dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna mengetahui hal tersebut. (sj)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya