Ini Cara Atasi Perut Kembung

nyeri perut
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVAlife - Perut kembung dapat menyebabkan berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Apalagi, di musim hujan, di mana tubuh mudah terserang kembung dan masuk angin.

Februari-Maret 2024, Satgas PASTI Blokir 537 Pinjol Ilegal

Menurut seorang ahli, hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari perut buncit karena kembung adalah mengurangi asupan garam dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan potasium.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Karena Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

Sebuah buku yang baru diluncurkan oleh Robynne Chutkan, ahli pencernaan dan pendiri pusat pencernaan untuk wanita di Washington DC, menunjukkan bahwa wanita memiliki kecenderungan untuk mengalami masalah perut kembung lebih sering daripada pria terutama karena mereka memiliki usus yang lebih panjang.

Chutkan mengatakan bahwa ada perbedaan besar antara saluran pencernaan pria dan wanita. Untuk itu, wanita patut melakukan beberapa cara menghindari perut kembung di bawah ini, seperti dilansir dari Times of India:

Akan Ada Kejutan dari Putusan MK dalam Perkara Sengketa Pilpres 2024, Menurut Pengamat

Kurangi asupan garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan edema dan perut kembung. Dalam sehari, asupan garam yang dianjurkan adalah sebanyak 1.500 mg. Jangan menambahkan terlalu banyak garam saat memasak. Selain itu, hindari makanan cepat saji karena umumnya mengandung garam yang tinggi.

Perbanyak konsumsi serat

Mengonsumsi kombinasi serat dalam diet harian adalah cara yang efektif untuk tetap fit dan menghindari perut kembung. Makanan yang kaya serat adalah sayuran dan buah.

Fokus pada makanan kaya potasium

Potasium bantu mengeluarkan asupan air berlebih. Untuk itu, mengonsumsi makanan seperti pisang dan ubi dapat bantu mengecilkan perut Anda dan menghindari perut kembung.

Banyak minum air putih

Mitos yang menyebutkan banyak minum air putih menyebabkan kembung itu tidak benar. Konsumsi air putih yang cukup justru membantu serat melakukan tugasnya dalam melancarkan pencernaan. Kurang asupan air bisa memicu sembelit.

Hindari memberikan beban pada sistem pencernaan

Hindari mengonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti makanan manis atau makanan berlemak. Fokus pada makanan yang sederhana seperti sayur-sayuran untuk membantu sistem pencernaan.

Hindari pemanis buatan

Pemanis buatan umumnya terkandung pada produk-produk minuman dan makanan berlabel 'low-carbs' atau 'sugar-free'. Pemanis buatan tidak bisa sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Bakteri di dalam usus cenderung melakukan fermentasi pada pemanis buatan yang masuk ke tubuh sehingga menghasilkan gas dan menyebabkan perut kembung. Selalu cek label makanan dan hindari pemanis buatan seperti sorbitol, mannitol, xylitol and lacitol. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya