Terungkap, Usia Ketika Ingatan Masa Kecil Memudar

Ilustrasi anak bermain tablet
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Sudah menjadi hal lumrah bahwa orang dewasa sulit mengingat peristiwa yang terjadi di awal tahun pertama kehidupan mereka. Kini, ilmuwan berhasil menemukan kapan tepatnya ingatan masa kecil ini memudar dan hilang selamanya.
Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah Memory, fenomena amnesia masa kanak-kanak cenderung terjadi di sekitar usia 7 tahun. Para ilmuwan menemukan bahwa sebagian besar anak usia 3 tahun mampu mengingat banyak hal yang terjadi kepada mereka selama lebih dari satu tahun terakhir. Memori ini dapat bertahan sementara saat usia mereka memasuki 5 dan 6 tahun. 
Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Namun, ingatan ini menurun dengan cepat saat anak-anak memasuki usia lebih dari 7 tahun. Kebanyakan anak-anak usia 8 atau 9 hanya mampu mengingat 35 persen pengalaman mereka saat masih di bawah usia 3 tahun.
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap

Para psikolog yang terlibat dalam penelitian mengatakan, hal tersebut terjadi karena pada usia ini cara seseorang membentuk memori mulai berubah.

Dalam penelitian tersebut, Profesor Patricia Bauer dari Emory college of Arts and Science dan rekan-rekannya mempelajari 83 anak-anak selama beberapa tahun. Di usia 3 tahun, anak-anak tersebut mendatangi laboratorium dan menceritakan enam pengalaman unik di masa lalu. Misalnya kemping, liburan ke kebun binatang, hari pertama di sekolah, dan ulang tahun. 

Setelah itu, anak-anak ini kembali ke laboratorium saat berusia 5-9 tahun untuk membahas pengalaman yang sama dan diminta mengingat kembali detail yang sebelumnya mereka ingat.

Hasilnya, jumlah anak-anak usia 5-7 tahun yang mampu mengingat pengalaman mereka saat masih kecil mencapai 63-72 persen. Namun, jumlah ini menurun begitu anak-anak memasuki usia 8 dan 9 tahun dengan persentase 35 persen dan 36 persen. (one)

Sumber: Telegraph
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya