Ini Cara membantu Teman Korban KDRT

KDRT
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Melihat penderitaan yang dialami oleh seorang sahabat atas hubungannya dengan seseorang pasti bukanlah hal yang menyenangkan, apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan kekerasan. 

Kasus Film Porno Siskaeee Belum Juga Disidang, Ini Kata Polisi

Mungkin Anda seringkali tergugah untuk melakukan sesuatu, namun di sisi lain, Anda tidak ingin dianggap ikut campur dalam masalah pribadinya. Jika Anda tengah mencari solusi untuk membantu sahabat Anda keluar dari masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), cobalah tengok tips yang dilansir dari All Women Stalk berikut ini:

Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Berada di sisinya

Salah satu cara yang paling tepat untuk membantu teman yang mengalami KDRT adalah berada di sisinya. Anda mungkin tidak bisa berharap bahwa sahabat Anda akan bercerita segala konflik yang dialaminya, namun setidaknya keberadaan Anda membuatnya dia tahu Anda bersedia membantu.

Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

Membuatnya nyaman

Kenyamanan adalah hal yang utama sebelum Anda melangkah lebih jauh untuk terlibat dalam persoalannya. Ketika Anda berada di sisinya, utamakan untuk mendengar keluhan dan argumentasinya. Untuk membuatnya nyaman, Anda cukup membiarkannya bercerita, mendengarkan, dan biarkan dia mencurahkan segalanya pada Anda.

Mengambil tindakan ketika situasi memburuk

Anda tidak bisa hanya diam saja ketika kekerasan semakin memburuk dan sahabat Anda berada dalam posisi yang membahayakan. Pasti menyulitkan berada di posisi tersebut. Meski demikian Anda harus mengambil tindakan seperti menghubungi polisi jika keadaan benar-benar mendesak.

Jeli melihat situasi

Jika Anda melihat teman Anda berada dalam kondisi yang buruk baik fisik maupun emosional, bicaralah padanya. Untuk mengetahui kondisi tersebut Anda harus benar-benar mengenali kepribadian sahabat Anda serta perubahan-perubahan yang mungkin terjadi padanya. Namun jangan membuatnya merasa tidak nyaman. Biarkan keputusan untuk mengakhiri atau mempertahankan hubungan itu muncul dari inisiatifnya sendiri.

Melindungi 

Perlindungan di sini bukan hanya perlindungan dari pasangan sahabat Anda tetapi juga dari orang-orang di sekelilingnya. Jika sahabat Anda tertekan karena setiap saat harus menerima celaan dari keluarganya, Anda harus membantunya menghadapi hal tersebut. Katakan pendapat Anda pada mereka dan tunjukkan bagaimana mereka seharusnya besikap.

Mneghubungi Pakar

Kasus KDRT seringkali meninggalkan trauma yang mendalam. Mencari bantuan dari para pakar seperti psikolog mungkin sangat membantu sahabat Anda. Namun, jangan memaksa jika dia belum siap karena hal tersebut justru bisa menyulut konflik.

Mengajaknya keluar

Jika teman Anda sudah memutuskan pilihannya untuk mengakhiri hubungan, Anda harus membantunya melewati masa-masa sulit tersebut. Memberinya nuansa baru yang lebih nyaman di luar rumah seperti berlibur atau membiarkannya menginap di rumah Anda bisa sangat membantu. Tugas Anda adalah membuatnya melihat banyak hal menyenangkan yang bisa diraihnya meski hubungannya telah kandas. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya