Film Soal G30S Indonesia Masuk Nominasi Oscar

The Act of Killing
Sumber :
  • The Act of Killing

VIVAlife - Joshua Oppenheimer, sutradara campuran Amerika-Inggris punya pandangan berbeda soal pembantaian 1965 di Indonesia. Ia mengangkat secuil fakta tentang peristiwa yang dikenal sebagai tragedi G30S itu. Film dokumenter dibuatnya untuk University of Westminster.

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Karyanya berbeda 180 derajat dengan film doktrinasi versi pemerintah yang dulu selalu diputar setiap 30 September. Ia tak menampilkan kekejian Partai Komunis Indonesia yang disebut-sebut membunuh tujuh jenderal dan merencanakan kudeta negara.

Joshua memilih sudut pandang dari para korban.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Data-data dikumpulkan sejak 2005 hingga 2011. Joshua kemudian mengisahkan peristiwa pelanggar hak asasi manusia itu lewat sosok Anwar Kongo, seorang pemimpin gerakan pembunuh terkuat di Medan, Sumatera Utara. Dulu, Anwar seorang calo tiket.

Bersama kamera Joshua, ia mengingat kekelaman 1965. Lokasi pembantaian didatangi Anwar bersama Joshua. Cara-cara kejam yang dilakukan untuk membunuh, pun dipraktikkan.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

Tak hanya satu atau dua, korbannya mencapai ribuan. Mereka para warga tak berdosa yang dicap hina hanya karena berkerabat dengan seorang PKI, ancaman bangsa.

Ironisnya, setelah itu Anwar dan kawan-kawannya justru dianggap pahlawan. Mereka dielu-elukan karena telah “menyelamatkan” bangsa dari bahaya laten PKI. Kini, Anwar sendiri menjadi bagian dari organisasi Pemuda Pancasila. Saat pertama diminta Joshua, Anwar antusias.

Mengutip Democracy Now, ia bangga akan dedikasinya terhadap negara dan bisa membunuh tanpa hukuman. Namun saat kamera mulai merekam dan ia merekonstruksi adegan pembunuhan, Anwar mulai gelisah dan menyesal soal masa lalunya sebagai “tukang jagal”.

Ia bahkan sempat tak sanggup melanjutkan “akting”-nya dalam film itu karena bisa merasakan apa yang korbannya rasakan. Takut, ngeri, sampai akhirnya pasrah tahu akan dibunuh.

The Act of Killing

The Act of Killing

Film dokumenter itu dirilis Joshua tahun 2012, dengan judul The Act of Killing alias Jagal dalam bahasa Indonesia. Skandal pembunuhan terbesar di Indonesia itu mengejutkan banyak pihak.

The Act of Killing mendapat sanjungan di mana-mana. Selain membongkar skandal negara, ceritanya juga begitu kuat.

Kini, The Act of Killing makin tersohor. Ia baru saja diumumkan menjadi salah satu nominator penghargaan paling bergengsi di bidang film: Oscar.

Mengutip situs resmi Oscar, film itu masuk kategori Documentary Feature bersama Cutie and the Boxer, Dirty Wars, The Square, dan 20 Feet from Stardom. Pemenang Oscar ke-86 itu sendiri akan diumumkan pada 2 Maret 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya