Tips Merawat Gigi Sensitif (II)

Ilustrasi wanita tersenyum
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Kenikmatan mengonsumsi makanan panas dan dingin terganggu akibat gigi sensitif pasti sangat tidak menyenangkan. Seseorang harus berhati-hati memilih makanan atau menunggu makanan tersebut hingga tidak terlalu panas atau dingin lagi.
Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Namun, bagaimana jika mengonsumsi es krim saat sudah tidak dingin dan kopi saat sudah tidak panas? Bukan ide yang menyenangkan bukan.
Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun
 
Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan gigi sensitif yang tepat. Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan sebagai perawatan seperti dilansir dari Boldsky berikut ini.
Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024
 
Berkumur setelah mengonsumsi makanan asam

Enamel gigi akan cepat aus jika mengonsumsi makanan yang asam seperti cuka, jus, saos salad, dan lain sebagainya. Seseorang tidak harus menghindari makanan ini. Cukup berkumur dengan air atau obat kumur untuk membersihkan partikel yang menempel pada gigi, sehingga enamel dapat tetap terjaga.
 
Menggunakan produk berbahan fluoride

Salah satu penyebab gigi sensitif adalah kerusakan pada enamel gigi. Untuk mengurangi sensitivitasnya, perlu memperkuat enamel gigi. Pilihlah produk pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluoride. Bahan ini dipercaya dapat menguatkan enamel gigi.
 
Berkumur dengan air hangat

Jangan hanya berkumur air hangat saat ingin menghindari rasa tidak nyaman karena memakan es krim. Bisa melakukannya setiap selesai makan. Lama-kelamaan, dinginnya es krim tidak lagi berpengaruh terhadap gigi.
 
Rajin mengunjungi dokter gigi

Untuk merawat gigi sensitif, juga harus rajin mengunjungi dokter gigi. Selain berkonsultasi, bisa melakukan pembersihan gigi. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya