Studi: Otak Mampu Identifikasi Objek dalam 13 Milidetik

Ilustrasi Otak
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife - Sebagai salah satu organ yang memiliki fungsi kompleks, otak memiliki kemampuan menakjubkan. Salah satunya terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan Amerika Serikat (AS).

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

Para peneliti menyebutkan, otak mampu mengidentifikasi objek yang dilihat oleh mata hanya dalam waktu 13 milidetik.

Hasil penelitian ini delapan kali lebih cepat dibanding hasil penelitian sebelumnya yang menyebutkan, otak mampu mengidentifikasi objek yang dilihat mata dalam waktu 100 milidetik.

Untuk membuktikannya, para peneliti meminta responden untuk mengamati dan menyebutkan beberapa jenis gambar. Seperti gambar piknik atau pasangan yang sedang tersenyum. Karena rangkaian yang diperlihatkan terdiri atas 6 atau 12 gambar, diperkirakan rentang waktu yang dihasilkan adalah antara 13 dan 80 milidetik.

"Fakta bahwa Anda bisa melakukan hal tersebut dalam kecepatan tinggi menunjukkan kepada kita bahwa sistem penglihatan di otak memiliki konsep yang luar biasa. Dan faktanya itulah yang otak lakukan setiap hari, mencoba memahami apa yang kita lihat," ujar Prof. Mary Potter, seorang profesor ilmu otak dan kognitif, sekaligus penulis penelitian tersebut seperti dikutip Daily Mail.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Attention, Perception, and Psychophysics, Prof. Potter mengatakan bahwa tugas mata bukan hanya untuk memberikan informasi ke dalam otak, tetapi juga memungkinkan otak berpikir dengan cepat. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja yang harus Anda lihat berikutnya.

Setelah gambar "ditangkap" oleh retina, informasi seperti bentuk, warna, dan orientasi objek diproses oleh otak. Saat menangkap semua itu, otak hanya membutuhkan waktu sebanyak 13 milidetik mulai dari mata melihat objek, hingga otak memproses dan mengidentifikasinya. (umi)

Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Calon Presiden RI Anies Baswedan menghadiri acara Milad ke 22 PKS di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, hari ini.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024