Betulkah Minum Kopi Sebabkan Dehidrasi? Ini Hasil Penelitiannya

Biji Kopi
Sumber :
  • REUTERS/YT Haryono

VIVAlife - Dehidrasi merupakan keadaan dimana tubuh kehilangan cairan secara berlebihan. Karenanya, mereka yang kerap menderita dehidrasi disarankan mengonsumsi banyak air putih dan menghindari minuman berwarna, termasuk kopi.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Hal tersebut didasarkan pada ragam artikel di media yang menyebutkan bahwa kopi menyebabkan dehidrasi dan harus dihindari, atau tidak dikurangi secara signifikan untuk menjaga keseimbangan cairan. 

Namun opini tersebut kini dibantah dengan studi baru yang dilakukan University of Birmingham. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kopi ternyata tidak menyebabkan dehidrasi. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Dilansir dari Health News UK, penelitian pembanding tersebut dilakukan pada 50 sukarelawan pria dalam kondisi prima, yang terbiasa menimum kopi sebanyak 3 hingga 6 cangkir setiap hari. Dalam penelitian, setiap partisipan diminta minum empat cangkir kopi sehari selama tiga hari berturut-turut, kemudian minum air dalam jumlah sama di jangka waktu yang sama pula.

Dari sini, peneliti membandingkan tingkat hidrasi tubuh secara keseluruhan menggunakan sampel darah dan urin. Hasilnya, tak ada perbedaan signifikan dari sisi hidrasi antara minum air putih dan minum kopi. Tapi perlu diingat, penelitian ini tak berlaku bagi orang-orang yang berisiko dehidrasi seperti pengidap diare, muntah-muntah dan mereka yang sakit ginjal.

Korea Selatan U-23 Beber Situasi Tak Enak Lawan Indonesia U-23

Perlu diperhatikan  juga bahwa kopi tidak seperti air, minuman ini dapat menyebabkan efek samping seperti insomnia dan peningkatan adrenalin. 

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Sri Mulyani mengatakan bahwa nasib serupa juga dialami oleh sederetan mata uang dari negara-negara lain, termasuk negara anggota G20.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024