Orangtua, Ketahui Tanda Balita Sedang Stres

Anak Takut Gelap
Sumber :
VIVAlife - Siapa bilang stres hanya milik pekerja? Balita juga bisa stres. Penyebabnya hampir sama, berkisar kurangnya rasa sayang, keselamatan dan keamanan. Jangan diabaikan, stres berkepanjangan pada balita cukup bahaya.
BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Bila dibiarkan, stres bisa menimbulkan trauma hingga dewasa kelak. Apa saja indikator yang menunjukkan balita Anda mengalami stres?
Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Kurang tidur
Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Balita yang kurang istirahat akan menunjukkan stresnya pada siang hari. Ia akan terlihat gelisah atau bahkan merengek terus. Jika ini terjadi, tidurkan ia di tempat yang membuatnya nyaman.

Agresif

Anda perlu khawatir saat anak berubah menjadi lebih aktif. Ini merupakan tanda ia sedang tidak nyaman. Biasanya ini ditunjukkan dengan tangisan, merengek, memukul, atau berteriak. Coba respon aksinya dengan lebih tenang, agar ia ikut tenang.

Pendiam

Jika balita terliha diam saat berada di tempat umum atau saat berkumpul, bisa dipastikan ia sedang dalam tekanan. Ini disebabkan karena tak semua balita mampu berinteraksi dengan orang lain.

Ngompol

Ini terjadi bukan karena ia tidak bisa pergi ke kamar mandi, melainkan sedang tegang. Alasan ketegangan tersebut antara lain karena kurang rasa sayang atau rasa aman.

Mengisap jempol

mengisap jempol mungkin telrihat menggemaskan saat dilakukan balita. Namun kebiasaan ini bisa berdampak pada kesehatannya. Balita melakukan hal tersebut karena rasa stres. Mengisap jempol adalah "obat" penenang.

Sumber: Boldsky.

(ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya