VIDEO: Mencicip Sari Pengantin, Kue Khas Kalimantan

Kue Sari Pengantin
Sumber :
  • ANTV
VIVAlife
Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika
- Manis dan gurih. Paduan rasa itulah yang tercecap lidah saat mencicip kue basah yang satu ini. Secara penampilan, warnanya terbilang cantik, kuning dan hijau. Namanya sari pengantin.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Disebut demikian, karena warnanya mirip busana pengantin tradisional Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tak heran, di acara-acara pernikahan kue ini tidak pernah absen.
Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim


Cara membuat kue sari pengantin tidak sulit. Sediakan air daun suji, gula, tepung beras, garam, vanili, dan pewarna. Campurkan seluruhnya hingga merata. Lalu, bagi adonan menjadi dua. Satu diberi warna hijau, dan satu lagi dicampur pewarna kuning.

 

Yang terpenting dari pembuatan kue sari pengantin, adalah penggunaan santan dingin dan santan panas di dalamnya. Itulah yang membuat rasanya menjadi gurih dan membuat ketagihan.


Setelah kedua adonan merata, santan mendidih dituangkan. Baru setelah itu, giliran santan dingin dimasukkan.


Langkah selanjutnya, mencampurkan telur ke dalam adonan. Ada syarat khusus yang harus diingat. Telur tak boleh lebih atau kurang dari 17 butir, dan hanya dimasukkan ke adonan berwarna kuning.


Setelah kedua adonan selesai dibuat, kukus yang berwarna hijau selama 30 menit. Lalu, tuang adonan berwana kuning ke atasnya dan kukus hingga 45 menit.


Kue sari pengantin pun siap dihidangkan. Jangan lupa, dinginkan terlebih dahulu sebelum menyantapnya. Dan paduan rasa manis gurih pun siap menyambut lidah Anda. (umi)


Intip video pembuatan kue sari pengantin .
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya