Sakit Langka, Wanita Ini Minum Susu 5 Liter Sehari

Ilustrasi susu
Sumber :
VIVAlife
Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack
- Duduk bersama keluarga dan menikmati makanan mungkin hal biasa bagi sebagian orang. Namun, bagi Manju Dharra, makan bersama keluarga adalah hal yang sulit dilakukan.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Wanita 25 tahun asal Sonipat, India ini, tak dapat mengonsumsi makanan padat. Setiap kali menyantap makanan padat, ia akan langsung mengeluarkannya lagi.
Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024


Sehari-hari, Manju bergantung dari makanan cair, seperti teh,
buttermilk
, air, jus, dan susu. Ia bahkan sanggup minum 4-5 susu liter setiap hari. Untuk memenuhi kebutuhan susu Manju, keluarganya sampai membeli sapi sendiri.


"Manju belum pernah menyantap makanan padat sejak lahir," ujar ibu Manju, Bhagwati Dharra seperti dilansir laman
News.com.au
.


Manju didiagnosis menderita penyakit langka, yakni akalasia. Ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada kerongkongan.


"Rasanya enak minum cairan. Jika makan sesuatu saya muntah dan rasanya sangat buruk. Sekarang saya takut melihat makanan padat," ucap Manju.


Meskipun hanya minum susu dan cairan, Manju memiliki tinggi badan 165 sentimeter, di atas rata-rata wanita India. Dengan kondisinya ini, Manju dapat melakukan pekerjaan sehari-hari walaupun kerap mengalami sakit perut.


Butuh waktu bagi keluarganya untuk mengetahui masalah kesehatan serius Manju. Saat bayi, sang ibu tak menyadarinya karena ia hanya diberi ASI.


"Saat usianya dua tahun, kami memberi makanan padat  seperti nasi, roti, biskuit tapi dia menangis dan memuntahkan makanannya," ucap Bhagwati.


Meski awalnya dianggap rewel dan hanya memainkan makanan, keluarga Manju akhirnya sadar bahwa anak mereka memang tak dapat makan. Dari pemeriksaan medis dan pemberian obat-obatan, penyakit Manju tak juga kunjung disembuhkan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya