Adu Selera, Menyantap Makanan Beraroma Busuk di Dunia

Natto
Sumber :
  • Bebeloveokazu.com

VIVAlife - Kelezatan makanan tak hanya ditentukan dari cita rasanya. Tampilan fisik dan aroma juga kerap menjadi faktor penentu lezat dan menariknya suatu makanan.

Namun, ternyata ada beberapa makanan yang beraroma sama sekali tidak sedap. Sebelum menyantapnya, harus berjibaku dengan aroma busuk yang menusuk hidung.

Meski begitu, nyatanya makanan itu begitu populer di negara asalnya. Sebut saja pete dan jengkol yang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia sejak lama.

Di luar Indonesia, ada pula beberapa makanan dengan aroma busuk yang tak kalah populer. Mengutip laman Delish, berikut tujuh di antaranya.

Natto

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Makanan yang dikonsumsi masyarakat Jepang sejak ribuan tahun lalu ini berupa kacang kedelai yang difermentasi dengan bakteri bacillus subtilis. Konsistensinya lengket. Tak hanya aromanya yang kuat, bagi sebagian orang natto memiliki cita rasa yang aneh.

Iru

Populer di kalangan masyarakat Yoruba di Nigeria, bumbu yang juga dikenal dengan nama dawadawa dibuat dari fermentasi kacang locust. Aromanya sangat tajam, dan biasa digunakan sebagai penambah rasa minuman atau makanan.

Doenjang

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Doenjang adalah kacang kedelai fermentasi yang dihaluskan dan diberi beberapa bumbu. Makanan khas Korea ini begitu kaya akan rasa umami dan berarom amonia, sehingga banyak orang yang ragu-ragu untuk menyantapnya. Aromanya lebih menyengat dari rasanya.

Lutefisk

Nah, makanan yang satu ini adalah favorit masyarakat Norwegia dan Amerika di Midwest. Lutefisk dibuat dari ikan kod kering yang direndam di dalam lye yakni cairan alkal selama beberapa hari. Santapan ini biasa dinilkmati dengan cara dipanggang atau direbus.

Stinky Tofu (chòu dòufu)

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs

Meski aromanya tak bersahabat, tahu ini sangat populer di Taiwan. Ia diolah menjadi berbagai hidangan. Direbus, digoreng, atau ditambah acar kubis serta rebung. Rahasia di balik aroma tak sedapnya, terletak pada proses fermentasi yang memakan waktu hingga satu pekan.

Vieux boulogne

Pada tahun 2004, sekelompok ahli keju di Cranfield University di Bedfordshire, Inggris menetapkan bahwa makanan bertekstur halus dan creamy ini merupakan keju beraroma terbusuk di dunia. Aromanya dideskripsikan banyak orang sebagai aroma kotoran.

Surströmming

Makanan khas Swedia ini berupa ikan herring yang difermentasi. Aromanya seperti ikan busuk. Saking busuknya, sampai mengundang lalat. Sebelum disantap, orang Swedia biasanya mencucinya terlebih dulu dan menikmatinya di area terbuka karena aromanya yang begitu busuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya