Tujuh Reaksi Tubuh Saat Jatuh Cinta

Ilustrasi pasangan
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Jatuh cinta berjuta rasanya. Itulah yang dirasakan seseorang saat jatuh cinta. Tak hanya itu, banyak orang mengatakan ketika jatuh cinta, maka kita akan mengetahui semuanya. Mulai dari perasaan berbunga-bunga, rasa rindu hingga jantung yang berdegup kencang.
Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
 
Tapi ada yang harus Anda pahami, ketika seseorang jatuh cinta, tidak hanya hati yang bermain, melainkan juga sebagian anatomi tubuh. Jatuh cinta membuat semua anatomi tubuh bereaksi.  
Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel
Berikut ini adalah beberapa fakta seseorang yang sedang jatuh cinta seperti dikutip dari wowenshealthmag:

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
1. Aktivitas otak berubah seketika

Cinta pada pandangan pertama. Semua orang pasti pernah merasakannya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sexual Medicine, jatuh cinta mengaktifkan sekitar 12 daerah di otak. Hasilnya? Anda akan mengetahui sedang jatuh cinta dalam waktu seperlima detik.

2. Jantung terasa berhenti

Jatuh cinta mempengaruhi tingkat hormon, menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

3. Gangguan masalah tidur

Menurut Journal of Adolescent Health, orang yang sedang jatuh cinta akan kehilangan satu jam tidur setiap malamnya. Gangguan tidur ini terjadi karena Anda selalu memikirkan orang yang Anda cintai.

4. Sembuhkan rasa nyeri

Meski jantung berhenti dan tekanan darah menurun sesaat ketika jatuh cinta, tapi jatuh cinta juga membentuk antibodi. Sebuah studi dari Stanford University menuliskan, jatuh cinta dapat mengaktifkan reseptor saraf di otak, dan ini sama dengan obat pengilang rasa sakit atau obat penenang.

5. Menjadi pelupa

Saat kepincut dengan seseorang, otak akan melepaskan oksitosin yang dapat merusak memori. Inilah yang membuat seseorang ketika jatuh cinta suka linglung.

6. Semua rasa itu manis

Apapun yang dirasa ketika jatuh cinta memang terasa manis. Ternyata ini bukanlah sebuah mitos, menurut American Psychological Association, orang yang sedang jatuh cinta, dan kemudian disuruh mencicip makanan atau minuman, mereka pasti akan menjawab makanan dan minuman memiliki rasa sama yakni manis.

7. Tulang jadi kuat

Sebuah penelitian mengungkapkan adanya korelasi antara kebahagian pernikahan dan tulang yang sehat. Pasangan yang berbahagia memiliki tulang yang kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya