9 Langkah Meracik Salad Lezat ala Restoran

Salad bawang atau sayuran
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Saat sedang berusaha menurunkan berat badan atau memperbaiki asupan makanan, salad adalah hidangan yang tepat untuk mengisi perut Anda. Namun, seringkali salad buatan rumah tidak selezat salad yang Anda pesan di restoran sehingga menyantapnya kurang memberikan kepuasan bagi lidah dan perut.

Polisi Amankan 2 Terduga Pelaku Bully Siswi SMP di Depok

Hal itu karena banyak langkah pembuatan salad yang kurang tepat. Salad tidak perlu menggunakan mayonaise atau dressing penuh lemak untuk membuatnya menjadi lezat. Untuk mengetahui cara membuat salad berkualitas restoran, Anda wajib mengetahui beberapa tips di bawah ini seperti dilansir Yumsugar.

Cuci dan keringkan sayur-sayuran

Cara mencuci sayuran yang tepat adalah dengan merendamnya di dalam air bersih dan hilangkan kotoran-kotoran yang menempel serta buang daun yang telah berubah warna sehingga Anda mendapatkan salad yang segar.

Pasca Bercerai, Ria Ricis Akui Sedang Berproses Jadi Wanita Kuat

Tak hanya itu, Anda juga harus benar-benar mengeringkan sayuran tadi setelah selesai dicuci. Jika tida, maka saus dressing nantinya tidak dapat menempel pada permukaan sayur.

Beri garam

Apapun dressing yang Anda tambahkan pada salad, pastikan untuk menambahkan sedikit garam untuk memberikan cita rasa.

Kombinasikan tekstur

Siap Bertarung di Pilgub Sumut, Ijeck Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Gerindra

Pilih topping salad yang memiliki berbagai jenis tekstur. Anda dapat menambahkan topping mulai dari keju yang creamy, kacang yang renyah, buah-buahan kering yang kenyal hingga tomat yang juicy.

Kombinasikan rasa

Tak hanya tekstur, Anda juga harus mencampurkan berbagai rasa ke dalam salad. Beberapa cita rasa yang harus ada di dalam salad Anda antara lain adalah asin, manis, asam dan sedikit pahit. Anda juga dapat menambahkan sedikit rasa pedas untuk salad yang lebih menggugah selera.

Jumlah topping harus seimbang

Saat membuat salad, jumlah seluruh bahan dan topping harus seimbang. Hal ini untuk menghindari Anda kehilangan manfaat kesehatan salad. Misalnya, jangan menambahkan keju atau saus dressing terlalu banyak.

Sangrai kacang

Kacang almond, mede dan jenis kacang-kacang lain sering digunakan saat membuat salad. Agar kacang memiliki rasa yang kuat dan tekstur yang renyah, Anda sebaiknya men-sangrainya terlebih dahulu.

Bereksperimen dengan minyak dan cuka

Cuka balsamic dan minyak zaitun adalah dua dressing salad yang paling banyak digunakan. Namun, Anda dapat bereksperimen dengan jenis minyak dan cuka lainnya untuk memberikan cita rasa yang bervariasi pada salad buatan Anda seperti minyak alpukat, kacang walnut, cuka beras, cuka sherry, dan cuka apel.

Tambahkan rempah

Tak hanya sayur-sayuran, berbagai jenis rempah seperti mint, basil, peterseli, dill, dan rempah lainnya pun dapat Anda gunakan untuk membuat salad. Rempah-rempah tadi mampu memberikan aroma dan cita rasa yang baru.

Tambahkan topping mewah

Salad seringkali dianggap sebagai makanan yang kurang lezat dan kurang menggugah selera. Untuk itu, Anda dapat menambahkan berbagai jenis topping mewah agar salad buatan Anda menjadi hidangan yang tak kalah dengan steak atau hidangan penuh lemak yang lezat lainnya.

Begitu banyak topping mewah yang dapat Anda gunakan seperti blue cheese, daging bebek, telur puyuh, sumsum tulang, salmon, udang dan masih banyak lagi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya