Usir Sedih, Dengarkan Lagu Melankolis

Wanita mendengarkan musik
Sumber :
VIVAlife - Mendengar lagu melankolis saat hati sedang sedih, dianggap kurang pas. Lagu tersebut disebut dapat membuat hati makin terpuruk. Benarkah? Tapi penelitian, justru berkata sebaliknya. 
Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Psikolog dari University of Kent justru mengatakan sebaliknya. Ia meyakini lagu sedih bisa menghilangkan perasaan sedih. Ia menyelidiki suasana hati 220 orang saat mendengarkan lagu, mereka lalu memberi alasan mengapa memilih lagu tersebut. Tapi sebelumnya, orang-orang ini diminta untuk memikirkan sebuah peristiwa sedih.
Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Hasilnya, mereka yang sedang mengalami depresi atau sedih memilih lagu dengan lirik dan musik melankolis. Bagi mereka lagu melankolis itu indah. Mampu memancing kenangan dan menyampaikan pesan tertentu. 
4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Dr van den Tol, dosen di universitas tersebut mengatakan bahwa tidak selamanya orang-orang sedih akan memilih lagu riang untuk menghibur diri. "Ada beberapa orang yang memilih suatu lagu karena mereka memiliki memori terhadap lagu itu," ujarnya seperti dilansir Daily Mail.

Para peneliti juga menemukan bahwa pilihan musik mereka terkait dengan harapan yang dimiliki saat mendengarkan lagu tersebut. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya