Resep Panjang Umur 116 Tahun Wanita Tertua di Dunia

Misao Okawa
Sumber :
  • REUTERS/Kyodo
VIVAlife -
Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment
Wanita tertua di dunia, Misao Okawa akan merayakan ulang tahunnya yang ke-116 pada 5 Maret 2014 mendatang. Saat Okawa lahir pada 1898, Ratu Victoria masih berkuasa di Inggris dan perang Spanyol sedang berkecamuk.

Erick Thohir: Arahan Saya ke BUMN Beli Dolar Secara Optimal, Terukur, dan Sesuai Kebutuhan

Umur yang luar biasa panjang ini menimbulkan sebuah pertanyaan, apa rahasianya? Ternyata, rahasia Okawa adalah makan makanan sehat dan tidur delapan jam setiap malam.
Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit


"Makan dan tidur yang baik dan Anda akan berumur panjang," katanya kepada
Telegraph.
Satu lagi rahasianya, "Anda harus belajar untuk bersantai."


Putri pembuat kimono menjadi orang tertua di dunia setelah kematian Jireomon Kimura pada bulan Juni 2013 di usia 116 tahun.


Jepang merupakan negara pemegang rekor lansia dengan umur panjang. Negara ini memiliki 54.397 orang usia lanjut, termasuk 282 lansia yang telah mencapai usia lebih dari 110 tahun.


Kepala rumah pensiun Kurenai tempat Okawa tinggal selama 18 tahun, Okada Tomohito mengatakan, Okawa makan secara teratur tiga kali sehari. Menu favoritnya adalah sushi terutama tenggiri dan beras cuka yang dikukus.


Pengalaman hidup yang paling bahagia menurut Okawa adalah pernikahannya dengan Yukio Okawa pada 1919 serta kelahiran tiga putrinya. Sekarang, dua orang anaknya masih hidup dan masing-masing berusia 94 dan 92 tahun. Dia juga memiliki empat cucu dan enam cicit.


Sedangkan saat paling menyedihkan dalam ingatannya adalah kematian suaminya pada Juni 1931, sekitar 83 tahun silam.


Selain makanan dan gaya hidup sehat, Profesor Universitas Osaka Yasuyuki Gondo, mengatakan, banyak hal daripada sekedar diet dan teknologi medis. 


"Survei terhadap lanjut usia menemukan,  mereka yang berumur panjang memiliki kesehatan mental yang baik dan berhasil memiliki adaptasi psikologis yang baik," katanya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya